Mau Port USB 3.0? Pasang Kartu Saja

whatrocks369-silicon power usb3 pcie cardJAKARTA, KAMIS – Sudah punya atau mendambakan perangkat berkoneksi USB 3.0 SuperSpeed seperti harddisk portabel? Tapi terkendala oleh motherboard kamu yang cuma punya port USB 2.0? Ah tak usah repot-repot ganti motherboard yang bisa berkonsekuensi ganti prosesor!

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli kartu USB 3.0 PCIE Card. Hanya dengan menancapkan kartu ini di motherboard yang ada, kamu akan mendapatkan dua port USB 3.0 yang secara teoritis sanggup mentransfer data sampai 5Gb/s.  Ini 10x lebih cepat jika dibandingkan USB 2.0 yang 480Mbps.

Salah satu kartu seperti itu disediakan oleh Silicon Power. PCIE Card USB3.0-nya disebutkan bisa dipasang pada nyaris semua motherboard yang ada. Kamu bisa menggunakannya di komputer dengan sistem operasi Windows 7 32 maupun 64 bit, atau Windows versi sebelumnya (Vista, XP, 2000). Port USB 3.0 yang ditambahkannya tentu saja kompatibel dengan USB 2.0, jadi sebarang perangkat USB 2.0 kamu tetap bisa dipakai.

O ya, kartu berdimensi 12×9,5×2,2 cm ini bergaransi dua tahun. Untuk memudahkan pemasangannya di komputer, Silicon Power menyediakan dua bracket instalasi.

Tapi bagaimana jika kamu juga ingin mendapatkan port USB 3.0 di notebook atau netbook kamu? Silicon Power juga punya solusinya, yakni USB3.0 Express Card. Jadi tidak perlu beli notebook baru.

whatrocks369-silicon power usb3 express cardUSB3.0 Express Card ini menggunakan antarmuka Express/34 yang kompatibel dengan banyak laptop yang ada. Tinggal dorong masuk saja kartu tersebut ke slot ExpressCard yang ada. Seperti USB3.0 PCIE Card-nya, USB3.0 Express Card dari Silicon Power menyajikan dua port USB 3.0 yang kompatibel dengan USB 2.0.

Mau tahu harga kartu-kartu praktis ini? USB3.0 PCIE Card dilabeli harga US$ 29,10, sedangkanUSB3.0 Express Card  lebih mahal sedikit, yakni US$ 31.30. Jauh lebih murah dibandingkan beli motherboard atau notebook baru bukan?


Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Mau Port USB 3.0? Pasang Kartu Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.