Panel Sentuh dan Cetak Film Full HD di Printer Multifungsi Canon

hero chandra dtsJAKARTA, KAMIS – Layar sentuh rupanya sudah tidak jaman, paling tidak menurut Canon. Yang lebih diutamakan kini adalah panel sentuh yang jauh lebih lebar dan responsif dibandingkan LCD layar sentuh.

Karena itulah dua printer multifungsi seri Pixma terbarunya, MG6170 dan MG8170, menyajikan panel sentuh.  Di printer yang seluruh badannya berwarna hitam mengilat itu bahkan cuma ada satu tombol  fisik, yakni tombol on/off.  Tombol-tombol pengaturan lain ditampilkan di panel sentuh dalam bentuk nyala lampu setelah tombol On ditekan.

Canon Pixma MG8170
Canon Pixma MG8170

O ya, angkat dulu layar LCD-nya (3” di MG6170 dan 3,5” di MG8170). Setelah tombol On ditekan, di bawah layar LCD akan tampak garis menyala. Itulah yang perlu ditekan untuk mengaktifkan panel sentuh. Di panel sentuhnya kemudian akan menyala tombol-tombol lain, seperti Photo. Hanya  tombol-tombo yang menyala yang responsif. O ya, menekan tombol di panel sentuh ini harus dilakukan dengan jemari tangan kamu. Tidak boleh pakai ujung bolpen karena sensornya menuntut kontak dengan kulit manusia.

Keistimewaan lain, kedua printer multifungsi yang spesifikasinya nyaris identik ini sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi dan wired LAN. Cetak langsung dari ponsel  pintar berbasis Android pun bisa dilakukan via software Easy Canon-PhotoPrint. Sedangkan untuk Apple iPhone, iPod touch dan iPad, disediakan Canon Easy-PhotoPrint for iPhone yang gratis.

Melalui bantuan software yang disertakan, kedua printer yang menggunakan 6 tinta individual (satu warna gray dengan basis pigmen) tersebut  juga mampu mencetak frame demi frame yang ditangkap dari klip film Full HD yang disimpan di kartu memori atau USB flash disk. Tapi ada syaratnya.

“Film Full HD itu harus berasal dari kamera digital Canon. Dari camcorder Canon tidak bisa. Sebab format file yang dikenali hanya .MOV,” jelas Hero Chandra (Marketing Executive, PT Datascrip) saat memperkenalkan lima printer multifungsi dan satu printer single function Canon di Jakarta tadi siang (30/9/2010).  Agar hasil cetak cuplikan video Full HD tampil bagus, telah disertakan fitur Advanced Image Correction, yang berfungsi mengurangi  noise digital dan memuluskan pinggiran yang bergerigi.

Fitur lainnya adalah sudah terintegrasinya situs foto Flickr dalam bundel software Easy-PhotoPrint EX, Auto-Duplex dan Quick Start untuk menghemat kertas dan listrik.

Dari sisi spesifikasi, MG8170 mirip dengan MG6170: resolusi warna maksimal 9600×2400 dpi, mampu mencetak foto borderless 4×6 inci dalam waktu 20 detik, jalur kertas 2-way feed, Direct Disc Print, PictBridge, scanner flatbed, koneksi USB 2.0. Bedanya, MG8170 ditambahi kemampuan untuk men-scan film positif dan negatif.

Pixma MG6170 ditawarkan dengan harga Rp 2,85 juta, sedangkan MG8170 dibandrol Rp 4,25 juta. Keduanya menggunakan jenis tinta yang sama: PGI 725 Black (Rp 105 ribu) dan CLI726 (Black, Cyan, Magenta, Yellow, Gray @ Rp 95 ribu).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

7 thoughts on “Panel Sentuh dan Cetak Film Full HD di Printer Multifungsi Canon

  • 02/10/2010 at 12:13
    Permalink

    printer yang canggih dengan spefikasi yang lengkap semoga dah dijual di toko toko

  • 02/10/2010 at 12:20
    Permalink

    Dimana sy bs membeli printer canggih ini ?

  • 02/10/2010 at 12:24
    Permalink

    saya mempunyai toko elektronok, bagaimana sy bs menjadi reseler printer ini ?

  • 02/10/2010 at 12:28
    Permalink

    Mohon ijin untuk ikut mereview produk bagus ini di website saya

  • 19/11/2010 at 21:39
    Permalink

    dimana neh belinya, kayaknya oke banget tolong dong infonya.di pasaran udah ada belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.