Outsourcing, Cara Mudah Modernisasikan Maskapai



Rupanya outsourcing memang tengah menjadi primadona. Dari studi yang dilakukan IBM kepada para CEO dunia, mereka menyebutkan bahwa outsourcing penting dilakukan untuk merampingkan anggaran perusahaan. Pasalnya dengan model bisnis seperti ini biaya kepemilikan plus biaya pemeliharaan bisa dihilangkan dan berganti jadi biaya operasional saja. Biaya operasional ini digunakan untuk membayar jasa outsourcing yang digunakan perusahaan.

Nah, PT Aero System Indonesia (Asyst) berinisiatif membuka layanan tersebut. Perusahaan yang dulu adalah anak perusahaan Garuda Indonesia ini bergerak di bidang penyediaan jasa sistem informasi untuk industri transportasi dan perjalanan. Layanan yang ditawarkan terutama terkait modernisasi sistem maskapai penerbangan. Asyst akan menangani pembaruan berupa pengintegrasian sistem agar tiap unit bisa lebih padu dalam bekerja. Begitupula perbaikan jaringan dan infrastruktur perusahaan.

Untuk menyelenggarakan layanannya itu, Asyst bekerja sama dengan IBM sebagai salah satu penyedia hardware dan software di data centernya. IBM juga menangani operasional serta perawatan data center.

Asyst sebagai penyedia layanan aplikasi, menawarkan layanannya dalam berbagai skala. Mulai dari skala besar berupa penyewaan infrastruktur, platform, hingga sekedar software. Semua layanan ini didistribusikan dengan layanan cloud computing.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.