iPad Kini Bisa Ikutan Nge-“Ping”

Pengguna iPad kini bisa turut menikmati Ping, jejaring sosial bikinan Apple untuk iTunes mereka. Kamu tak perlu meng-upgrade sistem  untuk menikmati layanan ini. Sebab, Apple langsung menambahkan tab Ping pada aplikasi iTunes unutk iPad. Sebelumnya, Ping memang sudah tersedia bagi  iTunes 10 dan iTunes untuk iPhone. Sebenarnya apa saja sih yang bisa dilakukan dengan Ping yang diluncurkan September lalu ini?

Ping  yang pertamakali diluncurkan September ini, terutama dibuat untuk menggenjot penjualan musik digital di iTunes. Cara kerja jejaring sosial ala Apple ini memang serupa dengan jejaring sosial lainnya. Kamu bisa mengubah profil, mengetahui aktivitas teman-teman yang kamu “follow”, dan melihat siapa saja yang di-“follow” teman kamu. Selain itu, fitur untuk memberi komentar atau membubuhkan “like” dari posting siapa saja yang di “follow” pun turut disediakan.

Kamu juga bisa melihat siapa saja yang mereka “follow”, mem-“follow” artis favorit, melihat rekomendasi dan lagu yang dibeli si artis. Kalau kamu tertarik, tentunya kamu bisa langsung ikut membeli lagu tersebut di iTunes Store.

Melihat tren tersebut, kitabisa melihat bahwa jejaring sosial emang lagi ngetren banget belakangan ini. Popularitas jejaring sosial besar seperti Facebook dan Twitter, rupanya membuat ngiler para vendor lainnya. Selain Apple, tengok saja Google atau Yahoo yang sudah lebih dulu mencoba turut menghadirkan fitur jejaring sosial itu di situs mereka.

Namun, dominasi pemain besar sepertinya tak bisa ditampik. Apple pun bekerjsama dengan Twitter. Sehingga apa yang diposting lewat Ping bisa juga muncul di Twitter. Baik berupa preview lagu ataupun link untuk membeli dan mengunduh musik dari iTunes Store.

Pemain besar lainnya yang turut diperhitungkan tentunya adalah Facebook. Namun, kabar terakhir menyebutkan bahwa Apple membatalkan kerjasama dengan raja jejaring sosial itu. Jobs menyebutkan pembatalan itu dilakukan karena syarat berat yang diajukan facebook pada menit-menit akhir jelang kesepakatan perjanjian.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.