Apple Bikin Prosesor Sendiri?

Apple kabarnya akan merancang lagi mikrorsitekturnya sendiri. Dengan demikian, Apple bisa lebih melakukan diferensiasi pada produknya ketimbang produk lain, terutama dari sisi performa dan kapabilitasnya. Saat ini Apple juga tengah mencari insinyur yang berpengalaman di bidang rancangan mikroarsitektur CPU.

Mikroarsitektur adalah pengimplementasian dari arsitektur CPU dasar yang sudah ada. Sebagai contoh, pengembangan dari mikroarsitektur x86 adalah AMD Bulldozer dan Intel Sandy Bridge. Sementara, mikroarsitektur ARMv5, contohnya diimplementasikan pada Intel/Marvell Xscale.

Model nisnis yang digunakan ARM bahkan memungkinkan lisensi atas arsitektur dasarnya dibeli dalam beberapa cara. Pertama membeli lisensi desain dan layout yang telah dikembangkan oleh lisensor. Dengan cara ini, pembeli menerima chip dalam satu paket, karena logika dan chipnya dibeli bersama. Cara kedua dalah membeli rancangan inti. Dengan cara ini, pembeli masih harus mengimplementasikan layout dan mengintergrasikan logika yagn dibuat sendiri.  Cara ketiga adalah hanya membeli arsitekturnya saja. . Sebagai contoh, Intel hanya melisensikan arsitektur x86-nya kepada AMD dan Via Technologies.

Sehingga, rencana Apple yang ingin merancang mikroarsitekturnya sendiri mengindikasikan bahwa perusahaan Cupertino ini ingin membangun sendiri chipnya dari dasar. Hal yang belum pernah dilakukan Apple sebelumnya. Masih belum jelas arsitektur mana yang akan diadopsi Apple, x86 atau PowerPC. Apple sendiri belum berkomentar akan hal ini.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.