Hore, Volume Spam Turun

JAKARTA, RABU – Ada kabar menyenangkan bagi penjelajah web.  Jika biasanya akhir tahun dan jelang musim liburan, jumlah spam selalu meningkat, tidak demikian tahun ini. Volume spam sampai akhir tahun ini justru akan menurun. Pada November lalu, rata-rata harian sudah turun 17,4% dibanding bulan sebelumnya.

Apa penyebabnya? Antara lain penangkapan kelompok Zeus dan pemutusan spamit.com, juga penumpasan botnet Bredolap akhir Oktober lalu. Ditambah awal bulan ini, FBI menangkap pembuat botnet Mega-D. Begitu kata Symantec.

Tapi bagaimana tahun depan? Menurut Symantec, tiga trend utama masih akan terus berlanjut sampai tahun 2011. Ketiganya adalah pemanfaatan peristiwa dan berita terkini sebagai subyek, eksploitasi jejaring sosial, dan serangan bertarget tertentu.  Tahun 2011, begitu tulis Symantec, spam malware akan kian ganas menyerang.

Nah, agar tidak menjadi korban spam malware,  jangan tergiur mengklik link apa pun, termasuk diskon, obral, atau kartu ucapan, kendati itu sangat menarik  jika sumbernya tidak kamu kenal. Juga jangan pernah menjawab spam, apalagi mengisi data pribadi via e-mail.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: