Malware Mengintai Kala Mengunduh

Kapersky mengumumkan bahwa serangan malware dengan modus drive-by-download jadi modus malware yang paling mengancam bulan lalu. Hal ini berdasarkan pengamatan yang dilakukan Kapersky sepanjang November 2010.

Drive-by-download adalah salah satu modus penyebaran malware yang mengunduh otomatis sebuah malware ke PC kamu dari situs tertentu. Selams proses pengunduhan, tanpa kamu ketahui terjadi pula proses penyusupan yang akan menaruh file executeable di PC kamu. Biasanya backdoor dan Trojan yang disisipkan lewat modus ini. Setelah berhasil menyisipkan dua malware ini, penjahat cyber memiliki kendali penuh atas PC kamu.

Salah satu yang bisa mereka lakukan setelah menguasai banyak PC adalah mengendalikan PC-PC tersebut (yang disebut zombie) untuk membuat trafik di sebuah server menjadi sangat penuh sehingga membuat layanan yang disediakan oleh situs itu tidak optimal. Tidak optimal karena melambat atau parahnya tidak bisa menyediakan layanan.

Pada kebanyakan kasus, pengguna bahkan tidak akan menyadari bahaya ini karena semua serangan drive-by terjadi tanpa sepengetahuan mereka. Salah satu yang digarisbawahi lagi oleh Kapersky, bahwa pengunduhan malwaredrive-by ini tidak hanya terjadi pada situs milik para penjahat dunia maya. Tapi, kamu juga mesti waspada pada situs sah. Karena situs sah yang telah dikompromikan, juga telah disisipi malware pada link pengunduhannya.

Untuk itu, cara mudah melindungi diri dari malware ini menurut Kapressky adalah dengan rutin meng-update layanan keamanan di PC kamu.