Thursday, May 30, 2024
Berita Teknologi

Tahun Depan Charger Ponsel Universal Mulai Dipasarkan

JAKARTA, JUMAT – Spesifikasi teknis dari sebuah charger ponsel universal – yang bisa dipakai oleh berbagai merek dan model ponsel – sudah dirilis oleh tiga lembaga standar  Eropa: CEN-CENELEC dan ETSI. Maka para pengguna ponsel Eropa bisa berharap bisa mulai membeli produk tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Juni tahun lalu, 14 produsen ponsel secara prinsip memang sudah sepakat untuk membuat charger ponsel pintar yang bisa dipertukarkan. Mereka adalah Apple, Emblaze Mobile, Huawei Technologies, LGE, Motorola Mobility, NEC, Nokia, Qualcomm, RIM, Samsung, Sony Ericsson, TCT Mobile, Texas Instruments dan Atmel.

“Sekaranglah waktunya bagi industri untuk menunjukkan komitmennya dengan menjual ponsel untuk charger baru. Charger universal ini akan memudahkan hidup konsumen, mengurangi sampah dan menguntungkan bisnis. Ini benar-benar situasi win-win,” kata wakil presiden EC Antonio Tajani, komisioner untuk industri and dan kewiraswastaan.

EU menyebutkan, ketidakompatibelan harge tidak hanya membuat pengguna pusing, tapi juga merupakan masalah besar untuk lingkungan. Orang semakin sering mengganti ponselnya, dan pada akhirnya membuang charger yang masih berfungsi  baik.

Spesifikasi teknis baru itu menyebutkan antarmuka berbasis konektor micro USB. Resiko keamanan dan emisi elektromagnetik, kata EU, sudah tercakup sehingga charger ‘bersama’ itu cukup imun dari interferensi eksternal.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu