Pencuri PIN ATM Makin Canggih

JAKARTA, RABU – Para pengguna kartu ATM selalu berhati-hatilah saat menggunakan kartumu. Di AS, perangkat perangkat pencuri (skimmer) data terbaru mampu mengambil detil kartu dan PIN dari kartu yang ada di dekat, bukan di dalam, mesin-mesin ATM.

“Skimmer biasanya bisa ditemukan di dekat mesin-mesin uang yang ada di lobi bank atau gedung, di mana akses dikendalikan oleh sebuah kartu kunci yang diaktifkan ketika kustomer menggesekkan kartu ATM-nya,” jelas analis sekuriti Brian Krebs.

“Dalam aksi penipuan ini, para pencuri mencopot perangkat penggesek kartu yang ditempelkan ke pintu luar, memasangkan skimmer, kemudian mengembalikan perangkat itu ke pintu. Para penyerang kemudian menempatkan sebuah kamera tersembunyi di atas atau di samping ATM, sehingga kamera terposisi sedemikian rupa untuk merekam kustomer memasukkan PIN-nya.”

Menurut Krebs, para kriminal biasanya datang di malam hari untuk mengambil skimmer dan menyandi data hasil curiannya ke kartu-kartu palsu. Maka mudah saja mereka menarik uang dari rekening-rekening yang sudah ditembusnya.

“[Satu] kejadian [di California] melibatkan pengunci pintu dengan kartu kunci [yang] dicuri dan dimodifikasi sampai sembilan kali pada tahun 2009.

“[Dan] Kamera-kamera pengaman bank di lokasi kejadian [juga] memperlihatkan [sebuah] cermin palsu dipasang di atas [sebuah] ATM.

“Di balik kaca itu terdapat kamera tersembunyi yang dioperasikan dengan baterai. Sebuah lubang kecil dibuat di dasar rumah cermin untuk memungkinkan kamera merekam masukan-masukan PIN.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Pencuri PIN ATM Makin Canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.