Cacat Chipset Sandy Bridge Sebabkan Intel Rugi 700 Juta Dolar

JAKARTA, RABU – Prosesor Sandy Bridge kelihatannya akan terlambat masuk pasar. Ini gara-gara Intel harus mengganti ribuan chip pendukung Intel 6 series Cougar Point 65nm yang telah dikirimkannya.

Produsen chip ini mengungkapkan bahwa baru akhir bulan ia akan mulai memasok versi chipset yang lebih baik sebagai ganti dari chip Cougar Point kepada paa kustomernya.  Chipset yang cacat telah ditanamkan ke dalam produk dan dijual kepada para konsumer. Maka kemungkinan besar akan terjadi penarikan ulang oleh para OEM (original equipment manufacturer). Intel menyebutkan bahwa untuk mendapatkan produk pengganti, para konsumer harus menghubungi para pengecernya.

Intel juga menyebutkan bahwa penggantian chipset yang cacat dan pemecahan masalahnya diperkirakan akan menelan biaya minimal US$ 700 juta. Perusahaan ini berharap produksi chipset Sandy Bridge kembali normal pada April, tiga bulan setelah timbulnya masalah.

Cacat pada chipset Cougar Point telah menyebabkan kemampuan berkomunikasi chipset ke perangkat SATA menurun sejalan dengan waktu. Menurut Intel, data pribadi tidak akan hilang, yang raib hanyalah kemampuan chipset untuk berantarmuka dengan hard drive dan DVD player.

Intel juga mengatakan, desain Cougar Point yang cacat telah lulus pengujian Intel dan OEM tetapi kegagalan itu muncul setelahnya. Cacat tersebut dikabarkan telah teratasi. Lebih dari 100 ribu unit chipset Sandy Bridge dengan chip pendukung Cougar Point yang cacat telah dikirimkan sejak kuartal keempat 2010.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Cacat Chipset Sandy Bridge Sebabkan Intel Rugi 700 Juta Dolar

  • 09/02/2011 at 16:16
    Permalink

    Intel juga mengatakan, desain Cougar Point yang cacat telah lulus pengujian Intel dan OEM, ternyata intel bisa lengah juga.

  • 04/03/2011 at 13:02
    Permalink

    so bagimana dengan chipset Intel sandy yg di rilis oleh Asus, MSI Gigabyte atau produsen lain nya ? atw cacat ini hanya terdapat pada chipset yg di rilis oleh Intel saja ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.