500 Relawan untuk Google Voice Search

Henky Prihatna (kiri) dan Derek Callow memperkenalkan Google Voice Search

JAKARTA, RABU – Mau melakukan pencarian di Google? Tinggalkan cara lama dengan mengetik. Kalau punya ponsel pintar macam Android, iPad, atau BlackBerry, coba pasang aplikasi Google Voice Search yang sekarang sudah bersahat dengan bahasa Indonesia berkat 500 orang relawan yang menyumbangkan contoh suara mereka supaya Google pintar berbahasa Indonesia.

Ucapkan, dan biarkan Google mencari hasilnya

“Ada 500 orang relawan yang membantu Google saat mengembangkan Voice Search khusus bahasa Indonesia. Suara mereka kemudian disampling (diambil contohnya) kemudian dijadikan acuan Google saat melakukan query ke databasenya,” jelas Henky Prihatna (Indonesia Country Representative, Google Southeast Asia). Henky juga menjelaskan, bahwa untuk membuat sistem Google yang diciptakan dalam bahasa Inggris itu, dibutuhkan sistem yang bisa belajar mengenali beragam dialek, aksen dan gaya pengucapan yang berbeda-beda. “Itulah sebabnya, setiap query yang diucapkan pengguna dalam bahasa Indonesia akan jadi acuan penyempurnaan sistem Voice Search Google. Ini salah satu tantangan yang dihadapi Google karena keragaman budaya dan bahasa di Indonesia,” kata Henky.

Google Voice Search untuk  Indonesia yang resmi diperkenalkan hari ini memang istimewa, karena bahasa Indonesia adalah bahasa pertama di kawasan Asia Tenggara yang masuk ke dalam fitur resmi Google. Ia bisa digunakan untuk menelusuri pencarian web, gambar, suara, film, atau lokasi dari sebuah titik menarik macam restoran, ATM, bengkel, rumah sakit, nama jalan dan sebagainya. Menurut Derek Callow (Head of Marketing, Google Southeast Asia) bahasa Indonesia dipilih karena banyaknya pengguna layanan seluler yang sering menggunakan ponsel sebagai alat utama untuk mengakses Internet. “Penting sekali membuat penelusuran dengan ponsel mudah dan nyaman, apaplun perangkat dan bahasa yang digunakan,” tandas Derek.

Google Goggles

Selain mengenalkan Google Voice Search yang bisa melakukan pencarian dengan suara, Google juga memamerkan aplikasi Goggles. Yang ini cukup menarik, karena pencarian bisa dilakukan hanya dengan mengambil gambar dari kamera ponsel. Goggles kemudian akan membandingkan gambar tersebut dengan obyek gambar yang ada di databasenya untuk kemudian menyajikan hasil. Beragam obyek bisa dicari menggunakan teknologi Google ini, termasuk  obyek wisata, produk, logo, barcode, sampai terjemahan dari sebuah teks tercetak.

Google Goggles menganalisa gambar untuk mencarinya di database Google

 

Kamu yang ingin mencoba Google Voice Search dari perangkat mobile bisa mengunjungi alamat m.google.co.id/voicesearch. Sementara pengguna Android atau iPhone yang ingin mencoba Google Goggles bisa  mengunduhnya di Android Market atau Apple AppStore secara gratis.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

3 thoughts on “500 Relawan untuk Google Voice Search

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.