Toshiba Ikut Bermain Bisnis Konten Cloud
JAKARTA, KAMIS – Tak mau kalah dengan Apple dan Amazon, produsen PC Jepang Toshiba ikut terjun ke pasar download musik dan video melalui layanan bernama Toshiba Places.
Toshiba Places akan tersedia via web browser di PC atau notebook dan melalui antarmuka khusus di TV Toshiba Regza. Begitu terkoneksi ke portal dengan menggunakan Toshiba ID, pengguna bisa mengakses beragam konten via serangkaian ‘places yang berbeda.
Places dibagi menjadi kategori-kategori yang berbeda, seperti video, musik, berita, game, aplikasi dan servis. Jadi kalau mau, pengguna bisa menyewa sebuah film dari video place persis seperti layanan yang disediakan Apple melalui iTunes.
Rekomendasi Produk PCplus
-
Sale!
ASUS Zenbook 14 OLED UX3405MA-OLEDS511 – Ponder Blue
Rp16,999,000.00 Beli Sekarang -
GEEKOM Mini PC MiniIT11 Intel Core i7-11390H 16GB DDR4 512GB SSD Win11
Rp6,290,000.00 Beli Sekarang -
Sale!
ASUS ROG FLOW X13 GV301RA – R7RADA6T-O – R7-6800HS – SSD 512GB – 120HZ
Rp18,699,000.00 Buy product -
Sale!
Lenovo ideapad Slim 3i-14ITL6 – HYID i3-1115G4 SSD 256GB Arctic Grey
Rp5,899,000.00 Beli Sekarang
Sementara itu music place adalah lokasi untuk mengunduh atau men-stream musik, dan dilayani oleh 7Digital. Layanan untuk berbagi video dan foto difasilitasi oleh Flickr dan Dailymotion.
Beberapa ‘places’ bisa diakses dari PC dan TV, sedangkan lainnya hanya bisa diakses dari PC atau TV. Tempat-tempat video, musik dan social bisa dikunjungi dari TV dan komputer, tetapi lokasi berita dan TV terbatas pada pemirsa TV. Sementara itu game, aplikasi dan servis dikhususkan pada pemilik PC.
Salah satu fitur menarik, pengguna bisa menonton video atau film di notebook-nya, menghentikannya, lalu melanjutkan nonton di TV Toshiba tepat di titik terakhir mereka meninggalkan notebook-nya. Sebuah platform jaringan terintegrasi, begitu kata Toshiba, pun memungkinkan pengguna untuk mem-bookmark konten favorit dan membaginya dengan teman-teman.
Sampai akhir tahun ini, Toshiba menyebutkan akan mengembangkan dan memperluas layanan-layanannya agar mendukung lebih banyak perangkat, lokasi dan kompatibilitas dengan jejaring sosial populer dan layanan storage berbasis cloud. Untuk layanan porsi TV, Toshiba berniat membuat “hub sentral” yang akan memadukan jaringan penyiaran, broadband dan lokal untuk menghadirkan pengalaman terpadu, sentris-konten bagi para penggunanya.