Toshiba Ikut Bermain Bisnis Konten Cloud

JAKARTA, KAMIS – Tak mau kalah dengan Apple dan Amazon, produsen PC Jepang Toshiba ikut terjun ke pasar download musik dan video melalui layanan bernama Toshiba Places.

Toshiba  Places akan tersedia via web browser di PC atau notebook dan melalui antarmuka khusus di TV Toshiba Regza. Begitu terkoneksi ke portal dengan menggunakan Toshiba ID, pengguna bisa mengakses beragam konten via  serangkaian ‘places yang berbeda.

Places dibagi menjadi kategori-kategori yang berbeda, seperti video, musik, berita, game, aplikasi dan servis. Jadi kalau mau, pengguna bisa menyewa sebuah film dari video place persis seperti layanan yang disediakan Apple melalui iTunes.

Sementara itu music place adalah lokasi untuk mengunduh atau men-stream musik, dan dilayani oleh 7Digital. Layanan untuk berbagi video dan foto difasilitasi oleh Flickr dan Dailymotion.

Beberapa ‘places’ bisa diakses dari PC dan TV, sedangkan lainnya hanya bisa diakses dari PC atau TV. Tempat-tempat video, musik dan social bisa dikunjungi dari TV dan komputer, tetapi lokasi berita dan TV terbatas pada pemirsa TV. Sementara itu game, aplikasi dan servis dikhususkan pada pemilik PC.

Salah satu fitur menarik, pengguna bisa menonton video atau film di notebook-nya, menghentikannya, lalu melanjutkan nonton di TV Toshiba tepat di titik terakhir mereka meninggalkan notebook-nya. Sebuah platform jaringan terintegrasi, begitu kata Toshiba, pun memungkinkan pengguna untuk mem-bookmark konten favorit dan membaginya dengan teman-teman.

Sampai akhir tahun ini, Toshiba menyebutkan akan mengembangkan dan memperluas layanan-layanannya agar mendukung lebih banyak perangkat, lokasi dan kompatibilitas dengan jejaring sosial populer dan layanan storage berbasis cloud. Untuk layanan porsi TV, Toshiba berniat membuat “hub sentral” yang akan memadukan jaringan penyiaran, broadband dan lokal untuk menghadirkan pengalaman terpadu, sentris-konten bagi para penggunanya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.