Avaya VENA: Biar Virtualisasi Data Center dan Jaringan Sederhana

JAKARTA, JUMAT– Sekarang adalah jaman cloud. Maka virtualisasi pun mulai marak.  Jumlah perangkat dalam sebuah perusahaan pun dengan cepat meningkat. Sayangnya desain, implementasi dan pengelolan data center dan jaringan generasi baru biasanya tak sederhana.  Bisa-bisa biaya data center menggelembung dengan cepat.

Nah inilah yang ingin disolusikan oleh Avaya melalui VENA (Virtual Enterprise Network Architecture). Tujuannya, agar data center lebih hemat biaya, tetapi juga lebih mudah dikelola dan diperbaiki. Strategi virtualisasi di seluruh lingkungkan perusahaan ini menyederhanakan jaringan, mempermudah implementasi layanan berbasis awan (cloud) dan meningkatkan penyediaan konten yang terus-menerus.

Mari kita lihat produknya. Yang pertama adalah Avaya Virtual Services Platform (VSP) 7000. Top-of-rack switch 100GbE densitas tinggi ini memberikan kemampuan hardware unik seperti adapter media untuk layanan konektivitas 10Gig, to 40Gig, to 100Gig atau Fibre Channel pada umumnya dan sebuah fabric interconnect stack multi-terabit untuk aliran trafik data east/west dengan bandwidth ultra tinggi dan latensi ultra rendah. Perangkat ini juga menawarkan kemampuan Switch Clustering, Virtual Services Fabric yang dibangun berbasis Shortest Path Bridging (SPB), Edge Virtual Bridging (EVB), dan Fibre Channel over Ethernet (FCoE) dengan upgrade software sederhana.

Yang kedua adalah Avaya Virtual Provisioning Service (VPS). VPS bisa memberikan integrasi virtualisasi aplikasi dan virtualisasi jaringan dengan memberikan tool yang dibutuhkan administrator jaringan untuk mengelola, memperbaiki, pendukung dan mengamankan mesin virtual (VM) di seluruh jaringan. Sebagai bagian dari Avaya VENA, Avaya VPS menyederhanakan mobilitas VM dan membuatnya transparan bagi pengguna. Jadi, jaringan dipastikan akan sinkron dengan aktivasi, deaktivasi dan perubahan VM.

Yang ketiga adalah Avaya Professional Services (APS). Layanan-layanan profesional ini akan memberikan keahlian yang mendalam dalam desain dan pemasangan jaringan virtual generasi baru, dan mencakup strategi migrasi dan model-model finansial untuk membantu pelanggan mengidentifikasi imbal dari investasi dan biaya kepemilikan total (TCO) lebih baik yang diberikan oleh Avaya VENA. Pelanggan dari kalangan perusahaan dengan berbagai skala sabaiknya menghubungi account manager Avaya atau mitra resmi setempat untuk mengetahui lanjut dan mulai menggunakan solusi ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.