Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia Terapkan Solusi ERP Oracle

JAKARTA, JUMAT – Mungkin kamu tidak tahu siapa itu PT Agro Indomas dan apa produknya? Agro Indomas adalah perkebunan tertua dan terbesar di Indonesia di bawah naungan Goodhope Asia Holdings Ltd. Goodhope adalah induk perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Malaysia dan Indonesia. Mereka juga punya perkebunan di Sri Lanka. Kantor pusat Goodhope sendiri berada di Singapura.

Nah, akhir April lalu, untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya yang makin kompleks di sektor perkebunan, Agro Indomas meng-upgrade sistemnya ke Oracle JD Edwards Grower Management. Ini merupakan implementasi pertama Grower Manajement  di ASEAN dan juga menjadi implementasi Oracle JD Edwards Grower Management pertama bagi industri perkebunan kelapa sawit. Sebelumnya, untuk mengelola operasional perkebunannya, Agro Indomas menggunakan sistem lama yang tidak terpusat.

Mau tahu apa itu JD Edwards Grower Management? Solusi ini  memungkinkan perusahaan untuk menangkap rincian dan atribut penting terkait blok tanah yang dikelola. Sistem akan memberikan informasi mengenai beragam kegiatan yang dilakukan sepanjang siklus pertumbuhan, mulai dari rencana pra-tanam sampai data mengenai perawatan umum. Solusi ini menyederhanakan teknologi informasi dan pelaporan melalui sebuah aplikasi enterprise yang terintegrasi.

Penggunaan solusi Oracle di perusahaan perkebunan Indonesia sesungguhnya dipicu oleh kesuksesan sang induk perusahaan, Goodhope, menggunakan Oracle E-Business Suite Financials, Oracle Inventory Management, dan Oracle Purchasing di anak perusahaannya di Sri Lanka.  , Goodhope akan mengimplementasikan  Oracle E-Business Suite Human Capital Management dan Oracle Payroll di operasional perkebunannya di Sri Lanka, Indonesia dan Malaysia.

“Kami terkesan dengan kemampuan Oracle JD Edwards dalam menyediakan integrasi end- to-end, mulai dari pengelolaan perkebunan sampai proses pengolahan sampai ke keuangan, menyediakan aplikasi terintrasi bagi seluruh perkebunan dan memberikan kemudahan untuk membakukan proses di seluruh lini operasi kami, ” ujar Kevin de Silva (Director IT, Goodhope Asia Holdings Ltd).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.