Untuk Pengguna Rumah, Cisco Tawarkan Empat Router Nirkabel Baru

JAKARTA, JUMAT– Jika kamu pakai jaringan nirkabel di rumah, bergembiralah. Kemarin (5/5/2011) di Jakarta, Cisco memperkenalkan empat router nirkabel N seri E untuk pengguna rumahan, yakni  Linksys E4200, E3000, E2000 dan E1000. Keempatnya dijanjikan mudah dipasang, handal dan berkinerja tinggi.

Jika mau memaksimalkan kinerja home theatre, termasuk TV Internet (ada yang sudah punya?), komputer tablet, konsol game, smartphone, e-reader dan VoIP (voice over Internet Protocol), kamu bisa memilih Linksys E4200. Router nirkabel dual-band dengan empat port gigabit dan konfigurasi antena 3×3 ini diklaim terbaik untuk urusan tersebut, dengan sajian kecepatan sampai 450Mbps. Tambahan fitur USB membuat kamu bisa menambahkan storage eksternal ke jaringan. Port USB juga dapat diubah menjadi port USB virtual sehingga di kamu bisa mengoneksikan printer ke jaringan rumah secara nirkabel.

Tapi kalau kebutuhan kamu adalah streaming video HD, main game nirkabel di Xbox 360 atau PS3 dan transfer data, pilihlah Linksys E3000 High-Performance Wireless-N Router (Dual-Band) yang bekerja di dual band simultan (2,4GHz dan 5GHz). Ia diklaim ideal untuk menghubungkan komputer, konsol game, HDTV berkemampuan Internet dan pemutar Blu-Ray serta perangkat nirkabel lainnya dengan kecepatan sampai 300Mbps.

Bagaimana dengan Linksys E2000 Advanced Wireless-N Router? Seperti dua seri sebelumnya, ia juga punya empat port Gigabit Ethernet (10/100/100 Mbps) untuk berbagi-pakai file lebih cepat dengan perangkat yang memiliki kemampuan Gigabit, termasuk komputer, hard drive dan server. Ia juga dual-band, tapi tidak simultan.

Sementara itu Linksys E1000 Wireless-N Router memiliki empat port Ethernet. Ia ditujukan untuk penggunaan Internet sehari-hari. Seperti ketiga seri lainnya, E1000 bisa menghubungkan komputer dan perangkat lain secara nirkabel dengan kecepatan sampai 300Mbps.

Tertarik memiliki salah satu di antaranya? Siapkan dana Rp 1,6juta untuk Linksys E4200 Maximum Performance Wireless-N Router, Rp 1,45 juta untuk   Linksys E3000 High Performance Wireless-N Router, Rp 865 ribu untuk Linksys E2000 Advanced Wireless-N Router, atau Rp 450 ribu untuk Linksys E1000 Wireless-N Router.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.