Berkat Android, HTC Meroket

JAKARTA, KAMIS – HTC, perusahaan manufaktur asal Taiwan, berhasil menunjukkan kesuksesan penjualannya. Penjualan perusahaan itu bulan lalu, berhasil meningkat dua kali lipat dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Ini semua berkat strategi perusahaan tersebut yang fokus merancang perangkat berbasis Android.

Pertama kali masuk ke arena perangkat layar sentuh, HTC membawa Windows Mobile untuk ditanam sebagai sistem operasinya. Namun, lonjakan penjualannya mulai terasa sejak 2009, ketika perusahaan ini mulai fokus mengembangkan perangkat untuk Android. Bulan lalu, nilai penjualan HTC bernilai US$1,42 miliar. Angka ini meningkat dua kali lipat dari penjualan bulan Mei 2010. Dan lebih besar dari penjualan bulan April sebesar US$1,35 miliar, seperti dilaporkan Reuters.

Tak hanya itu, pengapalan perangkat layar sentuh ini pun mengalami peningkatan. Saat ini, HTC mengapalkan 9,7 juta perangkat ke seluruh dunia. Angka ini menunjukkan peningkatan   192% dari tahun-per-tahun. Sementara jumlah pendapatan perusahaan tersebut ikut meningkat 174% tahun-per-tahun dengan nilai US$3,63 miliar.

Melihat angka-angka tersebut, HTC jelas berhasil menenggak untung dari manisnya kue Android. Langkah HTC untuk banting setir ke Android jelas memberikan dampak yang cukup signifikan. Meski demikian, HTC tetap memproduksi perangkat berbasis Windows 7. Namun, sebagian besar perangkatnya memang difokuskan bagi si robot hijau. Android pun turut disematkan pada tablet terbarunya, HTC Flyer. HTC berencana akan mengeluarkan lagi serangkaian produk high-end berbasis Androiddalam waktu dekat. Sebut saja  HTC Sensation  dan  HTC Evo 3D. Akankah produsen-produsen lain turut mencicipi manis kue Android ini?

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: