Fisik Notebook bagi Pebisnis itu Menipis

Aziz Wonosari (Product & Business Development Manager), Sandy Lumy (Chief or Representative Office) dan Capriana Natalia (Marcomms Manager, Key Account Business Indonesia) menunjukkan Lenovo ThinkPad X1.

JAKARTA, RABU –  Badan yang tipis, bobot yang enteng, fisik yang tahan banting dan baterai yang cepat diisi ulang. Gegas bekerja pula. Begitulah harapan para pebisnis akan sebuah notebook yang menemaninya bepergian ke mana pun. Dan ini akhirnya diwujudkan oleh Lenovo dalam rupa ThinkPad X1.

Dalam posisi tertutup, tebal bagian depan ThinkPad X1 lengkap dengan baterainya cuma 1,65 cm.  Sedangkan di timbangan, notebook berlayar 13,3” itu mencatatkan bobot 1,72kg. “X1 spesial karena merupakan ThinkPad yang paling tipis dan paling enteng,” kata Sandy Lumy (Chief of Representative Office, Lenovo Indonesia) dalam acara peluncuran Lenovo ThinkPad X1 di Jakarta kemarin (31/5).

Keistimewaan ThinkPad X1 bukan hanya terletak pada fisiknya yang tipis, tapi juga pada penggunaan prosesornya. “Biasanya pada notebook yang tipis, kinerja akan dikorbankan dengan menggunakan CPU low voltage.  Tapi ThinkPad X1 menggunakan prosesor normal voltage  dan mendukung tipe tipe, yakni Intel Core i3, i5 dan i7.  Tapi pilihan Core i7 baru hadir pada Juli mendatang,” terang Azis Wonosari (Product & Business Development Manager, Lenovo Indonesia).

Yang juga menarik, proses pengisian ulang daya baterai ThinkPad X1 tidak lama. “Dalam tempo 30 menit, baterai yang tadinya kosong bisa terisi sampai 80%. Jadi bisa dipakai sekitar 4 jam dengan charging hanya 30 menit, cocok bagi mereka yang sering traveling dan tidak punya banyak waktu untuk mengisi baterai. Punya kompetitor (pada kondisi sama) paling terisi sampai 50% – 60%,” kata Azis bangga.

Jika perlu, kamu boleh menambahkan slice battery atau baterai ‘tumpuk’ eksternal di bagian bawah notebook.  Slice battery akan menyebabkan ThinkPad X1 bisa dipakai 10 jam dalam mode ekonomis. “Jadi terbang dari Jakarta ke Dubai yang memakan waktu sekitar 10 jam tidak perlu charge lagi bila pakai slice battery. Tinggal charging 30 menit, dan bisa jalan 4 jam lagi,” kata Azis.

O ya, kendati ditujukan pada pekerja bisnis, ThinkPad X1 dibekali fitur multimedia berkualitas. Speaker misalnya, mendukung Dolby Home Theater v4. “Ini produk kedua di jajaran ThinkPad yang mjenggunakan Dolby Home Theater v4. Sebelumnya ada di ThinkPad T420s,” ungkap Azis. Fitur multimedia lainnya adalah webcam HD yang sensitif cahaya dan mikropon dengan teknologi keystroke noise supression agar ketukan tombol saat kamu ber-Skype tidak terdengar oleh lawan bicara. Selain itu tersedia port HDMI 1.4a, port USB 3.0 dan USB 2.0 serta DisplayPort.

Ultraportabel Lenovo ini datang dengan layar terproteksi Corning Gorilla Glass yang tahan goresan. Dan pada siang itu didemokan bagaimana koin yang digoreskan ke layar ThinkPad X1 tidak membekaskan goresan apa pun di layar.

Apa lagi keistimewaannya? Antara lain keyboard yang tidak hanya spill resistant, tapi juga kini bisa menyala (backlit) di kala gelap. Notebook ini juga tak rusak terjatuh dari ketinggian maksimal 1,7m karena terlindung oleh teknologi roll cage.  “Juga sudah lulus 8 tes militer,” kata Azis.

Bagaimana dengan konektivitas nirkabel? Tersedia Wi-Fi dan 3G modem terintegrasi. “WiMax merupakan opsi,” kata Azis. “Disk-nya bisa dipilih antara traditional disk, SSD 160GB, atau Rapid Drive,” tambahnya.

Lenovo ThinkPad X1 dengan sensor fingerprint dan mengemaskan maksimal DDR3 8GB ini ditujukan pada pengguna di kalangan UKM dan enterprise. Harganya US$ 1899.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Fisik Notebook bagi Pebisnis itu Menipis

  • 29 December 2011 at 8:29 PM
    Permalink

    ini anti air gag?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: