Keluar dari Konsorsium BAPCo, AMD Tak Akui Benchmark SYSmark 2012

JAKARTA, RABU – Adalah hal biasa bagi sebuah perusahaan untuk melakukan pengumuman kepada publik. Namun yang dilakukan AMD tidak biasa. Ia merancang rilis pers yang mengumumkan tidak merestui sebuah produk benchmark, yakni BAPCo SYSmark 2012.

Penolakan itu begitu kuatnya sampai-sampai AMD merasa perlu untuk keluar dari keanggotaan BAPCo ((Business Applications Performance Corporation), konsorsium nirlaba yang diikutinya.  Menurut AMD, ia mencoba bekerja dengan BAPCo untuk fokus pada pengujian dengan pemakaian real-world, bukannya pada benchmark-benchmark tradisional yang tidak selalu mencerminkan cara kita menggunakan komputer saat ini.

Chief Marketing Officer AMD Nigel Dessau menjelaskan keputusan tersebut dalam blog AMD seperti ini:

“Sayangnya, niat baik kami disambut dengan hasil yang menurut kami merugikan industri dan para kustomer kami. Kami tidak bisa memberikan perubahan positif di dalam BAPCo, dan benchmark hasilnya terus menyimpangkan kinerja beban kerja dan menawarkan transparansi yang kian kurang kepada end user. Sekali lagi, BAPCo memilih untuk mengabaikan kesempatan untuk mempromosikan keterbukaan dan transparansi.”

Masalah utama sepertinya adalah SYSmark menyoroti kecepatan prosesor sambil mengabaikan GPU power. Ini cacat yang signifikan mengingat saat ini GPU memainkan peran besar dalam kinerja sistem secara keseluruhan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.