Si Ungu pun Bergaya Mobil Sport

TAIPEI, KAMIS – Hard disk eksternal USB 3.0 mulai membanjiri pasar. Selain menjanjikan kecepatan via koneksi USB 3.0, hard disk seperti itu biasanya dirancang khusus agar menarik dilihat. Punya Silicon Power pun tak terkecuali.

Lihat saja tawaran terbarunya, Stream S20. Hard disk eksternal 2,5” itu tidak hanya kapasitas lega: 1TB, tapi juga desain yang menarik. Warna badannya ungu metalik. Ia dirancang mirip badan mobil sport yang ramping ke arah depan. Indikator LED tertanam untuk memudahkan kamu melihat status daya dan transfernya.

O ya, kapasitas 1TB itu bisa kamu pakai untuk menyimpan 200 film DVD loh. Ngopi file-file itu pun tidak perlu lama. Menurut Silicon Power, untuk menyalin satu keping DVD Blu-Ray cuma diperlukan waktu 70 detik (1 menit 10 detik). Mantap ya?

Satu lagi, kalau hard disk tidak melakukan proses baca/tulis selama 10 menit, ia otomatis akan beralih ke modus power saving/hibernation. Artinya konsumsi daya diturunkan, yang sejalan dengan misi pengurangan emisi karbon global masa kini.

Dalam kemasannya, kamu juga akan menemukan sebuah tas untuk membawa-bawa Stream S20. Plus sebuah CD berisi SP Widget yang menawarkan tujuh tool backup dan sekuriti yang harus diunduh (gratis) dari situs resmi Silicon Power. Norton Antivirus 2011 yang bebas dipakai selama 60 hari pun tersedia.

Selain kapasitas 1TB, Silicon Power Stream S20 dengan dimensi 14,2×8,01×2,1 cm tersedia dalam tiga kapasitas lain: 500, 640 dan 750 GB. Semuanya digaransi selama tiga tahun. Ia boleh dipakai di sistem operasi Windows (7/Vista/XP, 2000), Linux 2.6.31 atau lebih tinggi, maupun MacOS 10.4 atau lebih tinggi. Cuma di MacOS, ia hanya mendukung koneksi USB 2.0.

Sayang belum ada informasi tentang harga Silicon Power Stream S20 maupun ketersediaannya di Indonesia saat ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.