ACT Salurkan Kaskus Peduli, Bantu Pasca Bencana

JAKARTA, JUMAT – Kaskus serahkan bantuan dari hasil donasi Kaskus Peduli kepada ACT (Aksi Cepat Tanggap), lembaga kemanusiaan yang fokus pada penanggulangan bencana. Dana bantuan yang dikumpulkan Kaskuser sejak November 200 sampai Mei 2011 ini akan digunakan untuk proses pemulihan pasca bencana di Wasior, Mentawai, dan Yogyakarta.

“Meski fase emergency berarti menyelamatkan kehidupan, namun fase recovery sesunguhnya lebih berat dari fase emergency, karena menyambung kehidupan,” ungkap ACT seperti tertulis dalam rilisnya. Dan seringkali fase emergency mendapat sorotan lebih besar dari fase recovery. Padahal di fase ini, “materi dan pikiran sangat tersita untuk membuat program yang efektif dan pas untuk masyarakat setempat.”

Pihak ACT sendiri, sebelum menyalurkan bantuan, sudah melakukan penilaian berlapis untuk menentukan prioritas kebutuhan pasca bencana dari tiap-tiap daerah. Sebab, tiap-tiap daerah tersebut memiliki karakteristik berbeda.

Untuk masyarakat Yogyakarta, dana bantuan untuk mengembangkan usaha mikro akan disalurkan. Bantuan ini berupa paket logistik dan bantuan modal usaha. Besarnya bantuan bisa mencapai Rp 2juta per kepala keluarga plus usaha yang sudah pernah dimiliki (bukan usaha yang dimulai dari nol). Untuk masyarakat Mentawai, putusnya aliran listrik menjadi keprihatinan disana, sehingga ACT akan menyediakan solar cell sebagai solusi kelistrikan. Sementara di Wasior, trauma banjir bandang membuat mereka enggan memakan ikan. Mereka mulai bercocok tanam sebagai gantinya. Sehingga bantuan alat pertanian akan diluncurkan kesana.

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

One thought on “ACT Salurkan Kaskus Peduli, Bantu Pasca Bencana

  • 12/08/2011 at 17:55
    Permalink

    Pertamax gan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.