Sony DCR-PJ5, Handycam Sekaligus Proyektor

JAKARTA, JUMAT – Pernah lihat iklan televisi Handycam Sony yang selain bisa merekam juga bisa berfungsi sebagai proyektor? Yup, Sony Handycam DCR-PJ5, itulah produk camcorder teranyar Sony yang baru saja diperkenalkan di Indonesia pada akhir Agustus ini.

Ini adalah camcorder berbasis kartu memori flash. Jadi jangan berharap menemukan harddisk, cakram DVD atau kaset mini DV di dalamnya. Memori flash yang didukung DCR-PJ5 adalah Memory Stick Pro Duo, Memory Stick HG Duo, SD, SDHC dan SDXC. Makanya badannya bisa terlihat ramping dan kompak. Bobotnya juga ringan, cuma di kisaran 230 gram jika ditimbang tanpa baterai.

Menurut Satoru Arai (Presiden Direktur Sony Indonesia) dengan bentuknya yang kompak dan langsing itu membuat DCR-PJ5 bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana. “Anda bisa langsung menyaksikan hasil pengambilan gambar yang Anda lakukan dimanapun Anda berada,” jelasnya dalam rilis pers yang diterima PCplus.

Ya, salah satu fitur unik di camcorder Sony ini adalah fasilitas proyektor mini yang ada di sisi depan LCD lipatnya. Karena bisa diputar-putar sesuai arah, kita bisa dengan mudah menembakkan arah dari proyektor ini. Sony mengklaim proyektor di DCR-PJ5 bisa menghasilkan proyeksi gambar dengan lebar diagonal sampai 60 inci dalam jarak 3 meter.

Bagaimana dengan fasiltias di camcordernya? Dari informasi yang didapat, zoom optis camcorder ini mencapai 57 kali dan bisa diperpanjang hingga 67 kali dalam moda extended. Kemampuan zoom ini kemudian disandingkan dengan CCD Advanced HAD (Hole Accumulation Diode) beresolusi 800 ribu piksel. Jika mencoba mengambil foto menggunakan camcorder ini maka kamu bisa mendapatkan gambar dengan resolusi 560 ribu piksel (format 4:3). Meski punya zoom lumayan panjang, tidak perlu kuatir video yang diambil bakal berguncang hebat karena Sony sudah membekali seri ini dengan fitur SteadyShot.

Fitur dan fasilitas lain di kamera ini tidak berbeda jauh dengan camcorder Sony lain. Tersedia 18 jenis skema program pengambilan gambar yang berbede untuk segala situasi. Teknologi Face Detectionjuga tersedia untuk lebih memudahkan saat merekam obyek manusia.

Setelah mengambil video atau foto dengan kamera ini Sony masih memanjakan penggunanya dengan menyediakan fasilitas Picture Motion Browser (PMB) dan iDVDirect Express. PMB sangat berguna saat akan mengunggah video ke internet. Cukup hubungkan DCR-PJ5 ke PC lewat kabel USB dan unggah video ke internet. Sementara iDVDirect Express  bisa dihubungkan ke perangkat DVD Writer Sony VRDP1 untuk merekam video ke DVD tanpa PC. Kalau punya hard disk eksternal kamu juga bisa menyalin langsung video dari camcorder ini menggunakan fitur Direct Copy.

Kalau tertarik dengan Sony DCR-PJ5, kamu bisa meminangnya dengan harga Rp. 3.499.000 mulai Agustus ini melalui dealer-dealer resmi Sony Indonesia.

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

23 thoughts on “Sony DCR-PJ5, Handycam Sekaligus Proyektor

  • 18 October 2011 at 10:21 AM
    Permalink

    Mohon info speksifikasinya, apa sudah termasuk Memorinya ?
    atau memori harus beli tersendiri ?

  • 22 November 2011 at 9:41 AM
    Permalink

    Ini handycam yg rencana pengen saya beli dalam waktu dekat. 🙂

  • 27 November 2011 at 7:41 PM
    Permalink

    Pada Catalog SONY, halaman 29 terdapat point
    – Projector Input from Cell, tablet, Playstation, etc
    kalau saja dari laptop bisa bisa semua Guru dan motivator dapat membeli produk ini pengganti projector conversional.
    Cukuplah untuk satu ruangan kecil dengan gambar 60″ Awal Desember saya beli,

  • 27 November 2011 at 10:04 PM
    Permalink

    yang ini kudu harus wajib di beli, karena ada proyektornya, mantap

  • 5 December 2011 at 10:29 AM
    Permalink

    mantap nih…. setelah shoot bisa langsung nonton… masuk rencana belanja akhir desember…

  • 6 December 2011 at 7:42 AM
    Permalink

    anu boss ! masa aktif lampu proyektornya brapa menit.

  • 6 December 2011 at 4:38 PM
    Permalink

    Pengalaman saya yang sudah membeli DCR-PJ5 , memang hasil memuaskan apalagi dengan Built In Proyektor nya . Pada saat membeli tidak disertakan memory card ( Hal ini sudah saya sampaikan pertanyaan ke SONY langsung ) tapi belum ada jawaban . Untu memory merk SUNDISK 8Gb harganya Rp. 280.000 ,-
    Harga relatif rata rata kalau daerah jawa , tapi justru saya membeli di Batam harganya meroket …. Rp. 3.850.000 ,- , total mencapai 4jt lebih .

  • 16 December 2011 at 4:19 PM
    Permalink

    untuk daerah bjm apa sudah ada gak…..insya klo duit ada mau beli nich….

  • 17 December 2011 at 5:31 PM
    Permalink

    Saya masih blon coba @wawan apakah dari laptop bisa di tampilkan via projector
    kalau anda bisa kasih info terima kasih, sebelum besok 18/12 saya beli

  • 18 December 2011 at 12:01 PM
    Permalink

    Cara pembelian lewat online gmn

  • 23 December 2011 at 6:34 AM
    Permalink

    Untuk pemakaian bateray sony PJ5 maksimalnya bearpa jam .yang sudah beli tolong kasih imformasinya. saya tunggu .rencana ahir tahun ini mau beli .thank ya

  • 23 December 2011 at 6:56 AM
    Permalink

    Saya baru aja beli gadget ini dg harga 4,4 jt bonus carry bag dan batere. Namun sayang memory card memang harus beli terpisah.
    Secara umum cukup memuaskan hasilnya. Namun untuk tampilan projector yg maksimal, ruangan harus benar2 gelap.
    Oya, saya masih kesulitan cari kabel USB untuk koneksi langsung handycam ke external HD karena yg ada di paket cuma kabel USB mini to male. Cari keliling2 kabel USB mini to mini ato female to female ga dapat.

  • 26 December 2011 at 10:27 AM
    Permalink

    Any info, apakah format videonya HD, Full HD, atau standar?

  • 29 December 2011 at 3:28 PM
    Permalink

    Saya sudah punya gadget ini.. kira2 sebulan yang lalu saya beli dgn harga yg lumayan murah RP.3.350.000 karena tokonya emang lagi diskon.. saya dapat carry bag+battery tambahan sebagai bonus. cuma tidak dapat memory card..

    saya mau tanya ke om-om semua kalo ada yg sudah punya, maximum kapasitas memory card yg bisa dipakai berapa Giga ya..? trus pakai yang kelas berapa (ex: SDHC 8Gb class 6)? Soalnya saya mau beli SDcard nya yg 16Gb, cuma takut ngga bisa dipakai..

    @Rinto :
    Kalo batt di-charge penuh, indicator battery di layar lcd tertera 170menit

    @wanz :
    kalo yg dimaksud kabel VMC-UAM1 untuk direct copy, saya beli di toko asesoris komputer dgn harga 25ribu,merk ngga tau, dan sudah saya pakai untuk copy data langsung dari handycam ke HDD. cuma sewaktu proses transfer data, handycam harus terkoneksi dengan power adapter (kurang puas dgn fitur ini) nah klo kita lagi di luar ruangan ex.taman bermain kan lumayan repot cari colokan. untuk file 1Gb butuh waktu kira2 10menit.

    @John :
    file videonya standar Mpeg-2, belum HD

  • 1 January 2012 at 1:16 AM
    Permalink

    Maaf koreksi. Saya beli harga 3,4jt.
    @Boeink: Say udah dpt kabelnya mirip dgn VMC-UAM1. Tapi kenapa ga detect ya wktu saya conect dgn seagate external saya. Dgn flashdisk jg ga detect. Saya udah cek kabelnya ga putus. Udah colok ke listrik jg handycamnya.
    Oya, external kan harus FAT ya (nurut manual). HD saya NTFS. Tp harusnya detect duly kan walau ga support? Wah bingung saya.
    Klo berkenan add gtalk saya di wanz.geomatika@gmail.com. thanks

  • 5 January 2012 at 12:11 PM
    Permalink

    mau info, untuk produk nie apa bisa ambil photo saat mode yg diguganakan adalah video? terima kasih

  • 12 March 2012 at 7:41 AM
    Permalink

    saya baru beli produk ini. saya pengen beli baterainya buat cadangan agar tiidak lowbat jika digunakan lbh lama. dmn bateraix bisa di dapatkan? mksh

  • 21 March 2012 at 9:14 AM
    Permalink

    mau tanyak tolong ya/???
    ada handycam ( shott camera ) lasung pake shoot video yang bisa di hubung kan lasung pake kabel usb ke proyektor slid layar diperlebar lasung di lihat slid
    jadi ya shoot handycam live lasung di lihat pake slid..????
    terima kasih

  • 21 March 2012 at 12:23 PM
    Permalink

    Sony ini bisa kok bos Maman

  • 3 April 2012 at 5:46 PM
    Permalink

    gw pengen beli bentar lagi….ngebet banget…buat vidio di kelas b inggris gw

  • 7 April 2012 at 10:25 PM
    Permalink

    tlng dong kasi info, ni hc dah bisa buat foto apa tdk? trus hsl fotonya memuaskan apa tdk? kl rekam di minim cahaya spt malam hari apa bnyk noisenya gak?…please infonya……..

  • 13 April 2012 at 10:07 AM
    Permalink

    Foto bisa Zee, tapi hasilnya jangan diharap seperti kamera digital biasa. Rekam malam hari juga bisa, dia bisa sampai pencahayaan 2 lilin. Noise sih relatif ya, tapi sepertinya kalau gelap masih kentara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: