Ultrabooks, Komputer yang Selalu On

Paul Otellini, Presiden dan CEO Intel Corporation, mengumumkan Ultrabooks sebagai sistem komputasi masa depan. Sistem komputasi yang selalu-hidup-selalu-terhubung.Pernyataan ini dilontarkan pada pidato sambutannya pada Intel Developer Forum di San Francisco.

“Komputasi selalu berada dalam evolusi,” kata Otellini. Kerjasama ini menurutnya akan menghadirkan pengalaman komputasi yang lebih mobile, aman dan mulus, “dan ini baru awalnya saja,” terangnya. Evolusi ini kemudian, diramalkan Ottlini ada di sistem berbasis Ultrabook. Sistem ini digadang-gadang akan memberikan pengalaman komputasi yang paling lengkap dan memuaskan.

Ultrabook akan memanfaatkan teknologi Intel berikutnya, “Ivy Bridge” 22nm. Teknologi ini akan muncul awal tahun depan dengan dukungan transistor revolusioner Intel 3-D Tri-gate. Dia juga menyoroti kerjasama yang lebih luas antara Intel dan Microsoft. Kerjasama keduanya akan menjalankan Windows 8 pada tablet, perangkat hybrid, serta beragam bentuk faktor baru, termasuk Ultrabooks.

Salah satu prototype Ultrabooks Intel dengan OS Windows 8

Beragam perangkat tersebut terasa kurang tanpa dukungan baterai yang mumpuni. Untuk itu Intel tengah mempersiapkan platform manajemen daya untuk Ultrabooks berbasis “Haswell”. Produk ini akan rilis pada 2013, yang mampu menghadirkan daya tahan standby lebih dari 10 hari. Sehingga, Ultrabooks selalu terhubung walau dalam modus standby, membuat e-mail, sosial media, dan konten digital selalu up-to-date.

Saat ini, para peneliti di Intel saat ini telah menciptakan sebuah chip yang  memungkinkan sebuah komputer untuk hidup hanya dari sebuah sel surya seukuran perangko. Teknologi  yang disebut sebagai “Near Threshold Voltage Core” ini, diramalkan Ottelini mendorong penggunaan daya ke tingkat yang amat sangat rendah.

Selanjutnya, Intel bersama Mc Affee tengah menjalin kerjasama untuk memperkuat software keamanan yang didukung oleh hardware khusus. Bersama Candace Worley, senior vice president and general manager, Endpoint Security at McAfee, mereka memperkenalkan platform teknologi McAfee DeepSAFE baru. Perangkat ini dapat memanfaatkan kemampuan perangkat keras yang ada pada Intel® Core™ i3, i5 dan i7. DeepSAFE akan meluncur bersama produk McAfee untuk Enterprise akhir tahun ini. Solusi keamanan ini dapat digunakan mulai dari perangkat embedded hingga untuk solusi cloud.

Diumumkan pula kerjasama dengan Google. Kerjasama ini diharapkan dapat mengakselerasi bisnis smartphone Intel. Bersama Andy Rubin, Senior Vice President Mobile di Google, Ottelini menyampaikan rencana optimalisasi Android menggunakan Intel Atom dalam smartphone. Inisiatif bersama ini mencakup Chrome OS, Google TV, dan Software Android Development Kit (SDK) serta Native Development Kit (NDK).

 

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

4 thoughts on “Ultrabooks, Komputer yang Selalu On

  • 09/10/2011 at 21:02
    Permalink

    sama kayak di atas pertanyaannya, kira2 hargnya ananti berapa ya.:D

  • 16/10/2011 at 12:42
    Permalink

    Ultra portable notebook yang cocok untuk dijadikan server, hanya dengan battery mampu bertahan 10 hari. so amaze…
    niche share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.