Larang Eksekusi Aplikasi dengan AppAdmin

Jika kamu menginstall aplikasi tertentu dalam komputer, namun tidak memperbolehkan dijalankan oleh selain kamu(karena komputer kamu ijinkan digunakan oleh orang lain), maka AppAdmin adalah alternatif solusi yang cukup baik. Aplikasi ini tidak perlu diinstal, namun berada dalam kondisi terkompresi sehingga kamu harus mengekstrak terlebih dahulu.

  1. Jalankan AppAdmin dengan klik beruntun pada ikon berkas executable (EXE).
  2. Untuk menambahkan aplikasi yang diblok (dilarang untuk dijalankan), klik tombol Block (+).  Selanjutnya, arahkan ke direktori instalasi aplikasi target (biasanya di C:\Program Files\direktori_aplikasi. Sorot berkas executable (EXE) aplikasi tersebut, lalu tekan tombol Open. Detail dari aplikasi akan masuk ke dalam tabel daftar target blok dalam jendela AppAdmin.
  3. Tambahkan password akses AppAdmin agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses AppAdmin selain kamu. Caranya, klik tombol Password, lalu ketik password dan klik tombol Apply Password.
  4. Terapkan konfigurasi AppAdmin dengan menekan tombol Restart Explorer.
  5. Coba jalankan aplikasi yang terlah diblok eksekusinya. Akan tampil kotak peringatan dan informasi bahwa aplikasi tersebut tidak diijinkan untuk dijalankan. Jika konfigurasi pengeblokan belum diterapkan (pengeblokan belum berhasil), restart komputer.

Pembebasan blok terhadap aplikasi dilakukan dengan memberi tanda cek pada detail aplikasi dan tekan tombol Unblock Selected (-).

Selamat bereksplorasi lebih lanjut. (Vincent Bayu Tapa Brata)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: