Sunday, April 14, 2024
Review ProdukReview Software

LibreOffice

Alternatif Tertua untuk Microsoft Office

Asal tahu saja, LibreOffice merupakan alternatif tertua untuk Microsoft Office.
Alasannya, ia dibuat berdasarkan kode open source dari OpenOffice, bundel aplikasi kerja yang terus dikembangkan selama 20 tahun terakhir.

Bundel aplikasi LibreOffice terdiri dari pengolah kata (Writer), spreadsheet (Calc), database (Base), presentasi (Impress), matematika (Math), dan menggambar (Draw).

Dari sisi aplikasi, Writer, Calc, dan Impress, yang merupakan aplikasi yang paling umum digunakan di LibreOffice—tampilannya serupa dengan Office 2003. Tapi jangan salah, meski punya tampilan jadul, LibreOffice mendukung format Microsoft Office terbaru, misalnya DocX, XlsX, dan lain-lain. Tidak cuma membuka, tapi ia juga bisa menyimpan dokumen ke format itu, keren kan?

Versi final terbaru dari LibreOffice adalah 3.3.3 yang dirilis 16 Juni 2011. Document Foundation sendiri sudah menghadirkan pembaruan yakni 3.4.1 pada 1 Juli 2011. Namun versi ini belum direkomendasikan untuk dipakai karena masih belum sempurna.

Yang unik, jika kamu mendownload LibreOffice (versi berapa pun), jangan lupa untuk mendownload helppack-nya. Karena jika tidak, kalau kamu perlu bantuan (dengan menekan F1), maka tidak ada bantuan offline yang tersedia. Kamu akan diantarkan ke halaman bantuan di internet.
(Moh)

 

Informasi

Alamat URLhttp://www.libreoffice.org
Versi terbaru3.3.3
Ukuran download217,8MB (installer), 8,5MB (helppack)
Kebutuhan sistemMicrosoft Windows 2000 SP4, XP, Vista, atau 7
FiturText, Spreadsheet, Presentation, Drawing, Database, Formula

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

2 thoughts on “LibreOffice

  • Libre Office merupakan turunan dari Open Office karena perpecahan yang terjadi antara Oracle dengan pengemban Open Office. Pada versi awal Libre Office, tidak banyak perubahan yang muncul (Icon pun masih menggunakan Open Office).

    GO Open Source…

  • kalo versi-versi LibreOffice yang pernah ada itu apa aja ya?waktu dari pertama meluncur sampai sekarang?

Komentar kamu