Pencetus Projek Ebook Sudah Tiada

JAKARTA, JUMAT – Kendati kamu suka baca e-book, belum tentu kamu kenal siapa siapa itu Michael Stern Hart kan? Hart-lah yang memulai inisiatif buku online, jauh sebelum Amazon memikirkan Kindle, bahkan sebelum jaman Amazon.

4 Juli 1971 adalah saat Hart mendapat ilham. Ia kemudian memutuskan untuk mencetak Declaration of Independence secara online dan menyebarluaskannya sehingga bisa mudah diakses siapa pun.  Hart beruntung karena punya akses ke komputer di University of Illionoi. Tahun 70-an itu hanya sedikit orang yang punya akses ke komputer.

Sekarang, ada jutaan publikasi terpampang online atau dalam bentuk digital. Semua itu berkat usaha Hart. Dialah yang menciptakan Project Gutenberg, yang digambarkan sebagai cara untuk “mendorong penciptaan dan distribusi ebook.”

Saat ini ada lebih dari 36.000 item dalam koleksi Project Gutenberg, dan kebanyakan berasal dari public domain. Semua koleksi itu gratis diunduh dan dibaca. Mereka tersedia hampir dalam semua format buku digital, termasuk HTML, PDF, EPUB, MOBI dan Plucker.

Hart baru saja berpulang. Kendati namanya asing di banyak telinga penyuka ebook, “warisannya’ tetap hidup. Selamat jalan Michael Stern Hart!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.