Wah, Dell Sajikan SSD SATA III 1TB di Mobile Workstation

JAKARTA, JUMAT – Berapa sih SSD dalam sebuah workstation mobile? Paling-paling 256GB. Itu pun jarang. Tapi itu dulu. Sekarang 1 terabyte lebih pun bisa terkemas dalam sebuah mobile workstation.

Tapi memang belum banyak merek yang bisa menawarkan kapasitas SSD sebesar itu. Yang sudah bisa adalah Dell. Ia juga produsen pertama yang melakukannya.  Workstation mobile terbaru Dell, Precision M6600 dan M4600, sekarang menawarkan opsi SSD SATA 6Gbps 512GB.

” Dell Precision M6600 dan M4600 menjadi mobile workstations pertama yang menawarkan SSD SATA3 Mobility 512GB, memberi pengguna kecepatan baca 500MB/s dan tulis 300MB/s yang cepat. Pada M6600, dua slot storage dengan maksimal dua SSD 512GB dan satu slot mini-card dengan maksimal 128GB, pengguna workstation dapat menikmati lebih dari satu terabyte SSD di  mobile workstation-nya,” tulis Dell dalam sebuah blog post.

 

Tentu saja kamu harus membayar lebih untuk kapasitas raksasa tersebut. Opsi SSD 512GB dihargai mulai dari US$ 1640 untuk satu drive, alias nyaris setara dengan harga satu notebook 17” kelas high-end. Tapi ingat, ini adalah mobile workstation, yang dikonfigurasikan dan diatur untuk aplikasi-aplikasi mission critical, seperti computer-aided design, finite element analysis, computational fluid dynamics, dll.

Nah kalau masih tertarik, siapkan minimal US$ 2059 untuk Dell Precision M6600 dan US$ 1738 untuk M4600 (di luar tambahan SSDs).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.