Tuesday, March 5, 2024
Review HardwareReview Produk

Review MP3 Player Creative Zen Touch 2

Setelah seri ZiiO sebagai tablet, Creative memasukkan pula Android pada seri player mini mereka yang diberi nama Zen Touch 2. Player cerdas ini diposisikan Creative di antara player MP3 dan tablet miliknya.

Nyaris tak ada beda antara Android di tablet dengan Android di player mini ini. Prosesnya pun cukup cepat. Perbedaan utama terletak pada displai yang lebih sempit: Creative Zen Touch 2 memiliki layar 3,2˝. Bagusnya, ia dilengkapi tombol fisik.

Seperti juga tablet ZiiO yang pernah PCplus coba, aplikasi market di Creative Zen Touch 2 wajib menggunakan ZiiO Space yang menurut PCplus kurang praktis. Kenapa? Karena harus memakai account tersendiri dan prosesnya membuka situs yang cenderung lebih lamban dari Android Market.

Fasilitas di player mini ini cukup mirip dengan tablet Android umumnya, namun beberapa kekurangan PCplus temui: mulai dari displai yang kurang tajam, kurang lengkapnya codec player video, tanpa GPS, tidak multi touch, sampai antarmuka yang kurang intuitif. Upgrade sistem ke versi lebih baru (Froyo—Android 2.2) sudah tersedia di situs Creative agar fasilitasnya lebih lengkap, namun tetap tanpa Android Market. PCplus harus memasukkan aplikasi lainnya melalui cara manual (download dari PC kemudian dikopikan via USB). Di sisi lain, ia tetap memukau lewat kekuatan khas Creative pada sisi audio. Bluetoothnya pun bagus.
(dap)


Hasil Uji Quadrant Advanced

Total915
3D376
Neocore Benchmark38,6 fp

 

Spesifikasi

ProsesorARMv7 800MHz
Memori Utama256MB
Kartu Grafis
Media Simpan Internal8GB
Wireless802.11b/g/n, Bluetooth
Koneksi LainUSB, microSD, Audio/Video Out
Layar3,2˝ 480 x 320 piksel, resistif
Sistem OperasiAndroid versi 2.2
Bobot122gr
Situs webhttp://www.creative.com
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 2.000.000,-

*Atikom (021) 6123612


+ Ringan, ada tombol fisik, proses cukup cepat, audio kuat, Bluetooth bagus.

– Layar kecil dan kurang tajam, resistif, tidak multi touch, tanpa Android Market, tanpa GPS, harga agak tinggi.


Rating
7,8

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu