Thursday, February 22, 2024
Review HardwareReview Produk

Super Spring X220

Perangkat Android Box yang kini mulai bermunculan di pasar sebenarnya mirip dengan gadget Android lainnya, hanya saja peranti ini tak memiliki layar sendiri alias memerlukan sebuah TV atau monitor sebagai displainya. Salah satu yang PCplus coba kali ini berlabelkan Super Spring X220. Paketnya juga menyertakan sebuah remote control untuk menavigasi Android 2.2 yang diusungnya. Jika ingin lebih lengkap, bisa ditancapkan pula keyboard dan mouse USB di port yang tersedia.

Seperti halnya gadget Android, di balik Super Spring X220 terdapat komponen yang serupa, mulai dari prosesor Samsung S5PV210 1GHz, memori utama 512MB, sampai media simpan internal 1GB. Berhubung desain Internet Box ini lebih ditekankan untuk lingkungan desktop, beberapa fitur khas yang biasa ditemui pada smartphone atau tablet tidak disertakan di sini. Akibatnya bisa ditebak, beberapa aplikasi dan game yang membutuhkan accelerometer, akses multitouch untuk zoom in/out, atau fungsi kamera tak akan berjalan semestinya. Kemungkinan ini akan dikoreksi pada produk mendatang.

Menampilkan antarmuka sistem Android di TV LCD nyatanya memang memberi kesan yang asyik. Layar yang lebih besar membuat PCplus nyaman membaca berita online, berkirim email, bermain game (apalagi kinerja 3D-nya bagus), sampai membuka Facebook. Peranti juga bisa dipakai sebagai multimedia player meskipun untuk menjalankan video HD agak tersendat.
(Dap)

 

Hasil Uji Smartbench 2011

Productivity858
Games1896
Linpack for Android17,25 MFLOPS

 

Spesifikasi

ProsesorSamsung Cortex A8 1GHz (ARMv7)
Memori Utama512MB
Kartu GrafisPowerVR SGX 540
Media Simpan Internal1GB NAND flash
WirelessWiFi (802.11 b/g/n), Bluetooth 2.1 + EDR
Resolusi1024 x 600 piksel
Kamera
Sistem OperasiAndroid versi 2.2
Koneksi Lain3 USB, LAN, HDMI
Bobot260gr
Situs webhttp://www.gudangandroid.com
Garansi1 Tahun
Harga*Rp. 1.399.000,-

*Gudang Android (021) 31137000

 

+ Jembatan sistem Android untuk layar lebar, ringkas, kinerja 3D bagus, harga terjangkau.

– Tanpa fasilitas khas smartphone/tablet (accelerometer, kamera, multitouch), kinerja video HD kurang, koneksi terbatas.

 

Rating  8

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu