EMC Ramalkan Jejaring Sosial, Perangkat Mobile, dan Cloud Bakal Makin Meroket di 2012

Pada 2012, perusahaan-perusahaan akan lebih memerhatikan jejaring sosial sebagai salah satu masukan yang akan mereka olah sebagai bagian dari strategi perusahaan mereka, terang Adi Rusli, Country Manager EMC. Ini berarti pujian, keluhan, dan saran kamu yang beredar di jejaring sosial bakal lebih diperhatikan oleh berbagai perusahan untuk memerbaiki kinerja mereka. Selain itu Adi juga menyebutkan bahwa 2012 adalah eranya cloud, mobile, dan jejaring sosial.

Melihat tren yang dimulai dengan populernya jejaring sosial, mobile, dan penyimpan di cloud, EMC menilai akan ada kebutuhan storage yang semakin besar. Apalagi pertumbuhan ketiga tren tersebut terkait dengan kebutuhan penyimpan data yang besar. Pertumbuhan data yang besar inilah yang akan menjadi perhatian pada 2012 kelak. Adi juga menyampaikan bahwa tingkat adopsi cloud ternyata lebih cepat diserap oleh perusahaan startup dibanding perusahaan besar. Ini terjadi karena perusahaan besar sudah mapan dengan data center miliknya, sehingga cenderung memilih menggunakan private cloud ketimbang public cloud.

Adi rusli, Country Manager EMC Indonesia ketika menyampaikan tren teknologi 2012

Pada 2012, Adi juga menyebutkan kalau perusahaannya akan merambah pula ke ranah layanan keamanan di Indonesia setelah mereka mengakuisisi perusahaan keamanan Data Domain. Layanan keamanan yang disediakan terkait pengamanan data tersimpan dengan solusi disaster recovery. Layanan backup pun akan digelar oleh EMC dengan slusi data deduplication. EMC juga menyatakan kegembiraannya dengan pasar storage miliknya di Indonesia yang dinilai Adi termasuk yang terdepan di banding negara-negara Asia lainnya.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.