Bertahan Hidup, Kodak Jual Paten-paten Mereka

Era fotografi digital sepertinya membuat beberapa pabrikan fotografi konvensional limbung. Polaroid adalah salah satu yang sudah lebih dulu gulung tikar. Kini, nasib serupa diramalkan bakal menimpa pionir fotografi yang berusia 131 tahun, Eastman Kodak. Ironisnya, Kodak merupakan pionir dari teknologi kamera digital yang menjamur saat ini.

Hal ini dilansir dari kabar bahwa Kodak tengah mengajukan penjualan paten-paten gambar digital milik mereka di pengadilan. Mereka mencoba menjual ribuan paten gambar digital yang mereka miliki, untuk menghindari status bangkrut tersebut. Namun, masih belum jelas apa yang akan mereka lakukan setelah ribuan paten perusahaan yang paling berharga itu dijual, seperti dilansir TechCrunch.

Meski demikian, sepertinya strategi menjual paten ini tidak membuat masa depan Kodak menjadi lebih cerah. Satu hal yang mungkin ilakukan setelah menjual paten mereka adalah menjual brand Kodak itu sendiri, seperti yang sudah dilakukan Polaroid.

Sebelumnya, Kodak menguasai 90%penjualan film dunia, sebelum akhirnya posisinya tergerus di sekitar tahun 1980-an dengan hadirnya kompetitor dari negara lain. Posisi Kodak semakin sulit ketika dunia memasuki era fotografi digital. Usaha transmisi Kodak ke dunia digital tak membawa hasil, begitupula dengan usahanya untuk merambah usaha lain termasuk farmasi, printer murah, dan pengetes medik.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.