Peduli Kualitas SDM Indonesia, Microsoft Luncurkan Zona TIK di Taman Pintar Yogya

YOGYAKARTA, JUMAT–  Dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), sumberdaya manusia menjadi salah satu fokus pemerintah Indonesia. Nah, salah satu cara meningkatkan kualitas sumberdaya agar mampu bersaing secara global adalah melalui pendidikan, termasuk pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Apalagi, seperti kata Manish Chopra (Marketing & Operations Director, Microsoft Indonesia), visi Indonesia adalah masyarakat berbasis pengetahuan.

Nah, menyadari bahwa pendidikan tidak terpisahkan dari keberhasilan negara kita, Microsoft pun aktif bekerjasama dengan pemerintah pusat maupun daerah, juga komunitas lokal. Salah satu inisiatifnya adalah Zona Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Taman Pintar Yogyakarta. Taman ini menjadi tempat bagi anak-anak dan masyarakat umum untuk belajar ilmu pengetahuan dalam cara yang menarik, dengan mengedepankan ekspresi, apresiasi dan kreativitas. Lewat pendekatan Niteni (memahami), Niroake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan), anak-anak didorong untuk menjadi lebih ingin tahu dan mengembangkan imajinasi mereka lewat berbagai percobaan interaktif, didasarkan pada filsafat yang ditanamkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Para pengunjung bisa melihat angkasa luar lewat Worldwide Telescope (sebuah pengalaman astronomi berbasis software), memainkan permainan pendidikan di Microsoft XBOX yang dilengkapi Kinect, dan membuka situs-situs pendidikan interaktif di berbagai komputer yang disediakan di Zona Teknologi Informasi & Komunikasi ini.Taman Pintar Yogyakarta juga merupakan proyek percontohan nasional untuk tempat-tempat sejenis lainnya di Indonesia.

“Konsep dari Zona Teknologi Informasi & Komunikasi sangat sesuai dengan nilai-nilai dari Taman Pintar, dan kami yakin ini akan berguna bagi pengembangan pendidikan berbasis TIK, baik di tingkat lokal di Yogyakarta, maupun di tingkat nasional di Indonesia,” kata Ita Rustanti, S.Si, M.Eng, Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: