Konektor Thunderbolt Hadir di Storage WD

JAKARTA, JUMAT – Vendor storage Western Digital (WD) siap memamerkan unit storage eksternal direct attached My Book terbarunya yang berkoneksi Thunderbolt. Storage Thunderbolt tersebut dijanjikan hadir di ajang Macworld mendatang.

Sekadar info, selama ini jajaran hard disk portabel WD My Book menawarkan koneksi FireWire atau USB. Dan inilah kali pertama perangkatnya menggunakan Thunderbolt. Dual-drive My Book Thunderbolt Duo itu akan dikoneksikan ke Macbook yang punya antarmuka Thunderbolt.

Apple dan Intel bersama-sama mengembangkan Thunderbolt sebagai antarmuka multi-guna yang menjanjikan kecepatan superkilat. Antarmuka ini menggunakan kabel tembaga dan bandwidth maksimal 100Gbit/sec, yang lebih cepat dibandingkan USB 3.0 atau FireWire.

GM divisi solusi consumer storage Western Digital Jody Bradshaw mengatakan, “Selama demo, port ganda Thunderbolt memperlihatkan fleksibilitas yang luarbiasa dan membolehkan sampai enam sistem My Book Thunderbolt Duo atau periferal berkinerja tinggi lainnya di-daisy chain. Kombinasi dari storage, backup dan kecepatan dapat membuat My Book Thunderbolt Duo sebagai satu-satunya drive yang diperlukan profesional di bidang kreatif.”

Belum ada kabar tentang kapasitas maupun harga Western Digital My Book Thunderbolt Duo. Namun mengingat ia disasarkan pada editor video, kapasitasnya diperkirakan di angka terabyte dengan harga yang juga tinggi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: