Review Software Norton Mobile Security

Banyak yang berpikir Android adalah sistem operasi yang aman, karena ditelurkan dari Linux yang notabene punya rekam jejak baik dalam hal ketahanan terhadap malware. Anggapan ini tidak 100% benar. Android justru merupakan salah satu sistem operasi yang jadi incaran utama malware karena banyak dipakai.

Makanya, pengamanan di Android tetap dibutuhkan. Nah, salah satu aplikasi yang menawarkannya adalah Norton Mobile Security (NMS). Aplikasi khusus Android yang tersedia di Android Market ini ditawarkan dengan harga US$29.99 (lisensi 1 tahun).

Fitur yang dimiliki NMS beragam, seperti Anti Theft, SMS & Call Block, Web Protection, dan, tentu saja, Anti Malware. Soal Anti Malware kita lewatkan saja, karena Norton sudah cukup tenar di sini. Anti Theft adalah fitur unik yang bisa menjejak lokasi, menghapus data, atau mengunci ponsel ketika dicuri. Pengguna tinggal mengirim SMS ke nomor ponsel yang dicuri dalam format tertentu untuk menjalankannya. Sayang, tidak ada penjejak lewat situs.

SMS & Call Block juga tidak kalah menarik. Fitur ini memungkinkan pengguna menolak panggilan atau SMS yang masuk ke smartphone Android. Sedangkan Web Protection adalah fitur untuk melindungi sekaligus melaporkan situs-situs berbahaya yang kemungkinan mengandung malware.

Meskipun lengkap, NMS sama sekali tidak membebani sistem. Dari pengalaman PCplus menjalankan aplikasi ini di sistem berbasis ARM 600MHz, sistem tidak mengalami penurunan kinerja. Andai saja informasi statistiknya lebih lengkap. Oh ya, setiap aplikasi baru yang diunduh dari Android Market akan diperiksa oleh NMS. (Brama Setyadi)

 

Spesifikasi

Jenis Lisensi, US$29.99 per tahun
File Instalasi 2,3MB
Pengembang Symantec Corp.
Sistem Operasi Android 2.x atau terbaru dengan ruang simpan minimal 1,8MB
Situs web us.norton.com/mobile-security/
Garansi 1 Tahun
Harga* Rp. 139.000 / lisensi

*Symantec Corp.

+ Tidak memberatkan sistem, pengamanan lengkap.
– Statistik minim, tidak tersedia penjejak lewat situs di fitur Anti Theft.

Rating  8

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: