TomTom, Si GPS Pintar Hadir di Indonesia

TomTom Go 2050 dipamerkan dalam peluncuran TomTom di Indonesia

Jakarta, Selasa – Pilihan perangkat Global Positioning System (GPS) di Indonesia bertambah lagi dengan hadirnya TomTom, perangkat GPS yang selain menawarkan perangkat canggih juga peta yang lengkap dan terupdate.Tidak tanggung-tanggung, di awal perkenalannya Hhri ini (21/2) produsen GPS asal negeri kincir angin ini langsung menggelontorkan 5 seri produknya, mereka adalah: VIA 220, VIA 260, VIA 280, GO 2050 dan GO 2050 World. Masing-masing produk dirancang dengan kelebihannya sendiri-sendiri.

Seri VIA membidik segmen low end namun tetap menawarkan fitur navigasi yang lengkap dan interaktif, misalnya layar yang bisa diputar 180 derajat, koneksi ke ponsel dengan Bluetooth untuk menerima panggilan (khusus VIA 260 dan VIA 280), dan tujuh peta untuk negara di Asia Tenggara. Sementara seri yang lebih tinggi (GO 2050) punya kemampuan lebih lengkap serta sudah dipasang 59 peta untuk navigasi global di 66 negara.

Chris Kearney, Vice President Tom Tom Asia Pasifik, mengakui bahwa TomTom sangat mengandalkan akurasi petanya di setiap perangkat yang dipasarkan.”Kami membuat peta dengan sumber awal dari pemerintah atau pihak yang berwenang, gambar satelit, dan foto aerial. Peta sumber tadi kemudian disempurnakan dan dikoreksi dengan survei lapangan dan mobile mapping milik TomTom,” jelas Chris. Ia juga menambahkan bahwa komunitas dan pengguna TomTom juga punya andil dalam mendeteksi perubahan yang terjadi pada peta. TomTom mengklaim saat ini ada 55 juta orang yang tergabung dalam komunitas pengguna petanya, dan terus melaporkan setiap perubahan jalan, nama jalan, rute dan lain sebagainya.

Salah satu kecerdasan di produk-produk TomTom adalah kemampuannya mencari jalur tersingkat dan tercepat untuk mencapai tujuan akhir. Fitur yang disebut dengan GPS IQ ini mampu dengan cepat membandingkan ribuan atau bahkan jutaan rute untuk mencari jalur terbaik. Di beberapa negara, TomTom bahkan menyediakan jalur bebas macet saat mencari rute. Sayang fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Untuk update peta, TomTom menjanjikan update berkala setiap 3 bulan sekali.Untuk mendapatkan update peta ini pengguna harus membeli paket berlangganan selama satu tahun. Sayang pihak TomTom belum menginformasikan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap paket update tahunannya. Tapi kabar baiknya TomTom memberikan update gratis selama tahun pertama sejak pembelian unit.

Di Indonesia, produk TomTom dipasarkan lewat reseller resminya seperti Sistech Kharisma, Bhinneka.com, Plaza GPS, C Palm, Witacom, dan Surya Inti Arta. Harga jual setiap serinya adalah sebagai berikut:

  • TomTom VIA 220 : Rp. 1.580.000
  • TomTom VIA 260 : Rp. 1.880.000
  • TomTom VIA 280 : Rp. 2.180.000
  • TomTom Go 2050 : Rp. 3.180.000
  • TomTom Go 2050 World : Rp. 3.780.000

 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.