Nokia Segera Atasi Masalah Borosnya Baterai Lumia 800

JAKARTA, JUMAT – Baterai Lumia 800 yang bermasalah akan segera diperbaiki oleh Nokia melalui sebuah software fix. Update software ketiga Nokia untuk Lumia 800 (keluar pertama Desember, lalu Januari),  version 1600.2487.8107.12070 mengantarkan apa yang digambarkan Nokia sebagai “perbaikan berarti” untuk manajemen daya dan kinerja baterai. Kendati ditargetkan hadir 18 April, update ini akan diluncurkan sebelum jadwal tersebut.

“Kami telah mendengar masukan dan komentar Anda: kinerja baterai yang lebih baik adalah yang  benar-benar Anda inginkan. Kami menempatkan software melalui pengujian berat, dan yang keluar adalah sebuah update yang memerlihatkan peningkatan berarti dalam usia baterai, baik untuk waktu bicara di jaringan 3G, browsing melalui WiFi, music playback, atau total waktu pemakaian,” lapor Nokia dalam  Conversations by Nokia blog.

Di blog Nokia yang sama, para pemilik Lumia 800 berkeluh-kesah, “Pasti ada masalah besar dengan radio 3G karena tetap habis sangat cepat ketika ia hanya dalam kondisi standby, sekitar 2% – 5% per jam. Ini Cuma dengan satu push e-mail dan dua live tiles, Wifi/Bluetooth dll mati, dan tidak ada apa pun berjalan di latar belakang. Persentase baterainya saya perhatikan aneh, satu menit 30 persen tapi berikutnya naik jadi 37%. Saya senang ada update dirilis, tapi tetap saja ada masalah besar empat bulan setelah dirilis, ini tidak bisa diterima Nokia dan harus diperbaiki!”

Seorang pengguna lain menulis, “Baru dapat Lumia 800 Senin kemarin. Melakukan update kemarin dan sekarang terinstal 1600.2487.8107.12070. Tapi tetap saja baterai terkuras dengan sangat cepat. Saya cuma punya dua akun mail via push dan satu live tile, tanpa Bluetooth dan saya bukan pengguna kelas berat. Apa yang harus dilakukan??”

Bersama peningkatan baterai, software update juga meningkatkan bass di audio dan memastikan bahwa soft keys menyala pada seting tingkat terang. Fitur lainnya yang akan ditambahkan, janji Nokia, adalah WiFi tethering “on the way”.

Nokia menjelaskan bahwa software update tidak akan hadir di seluruh dunia secara sekalgus, tetapi akan dijadwal dalam tempo satu bulan. Batch pertama dimulai kemarin. Update berikutnya akan berlangsung pada 4, 11 dan 18 April.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Nokia Segera Atasi Masalah Borosnya Baterai Lumia 800

  • 29 April 2012 at 6:27 AM
    Permalink

    Selain batere, ada masala lain seperti pemanggilan menggunakan * dan #, apa itu juga menjadi masalah ??? punya saya tidak dapat melakukan panggilan dengan * dan pagar, spt *123#. Menurut Nokia yang ada pada BEC Bandung, nokia tidak sepenuhnya support dengan panggilan * dan #. Suatu keanehan yang sangat besar jika memang betul seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: