Duh, Nokia Merugi 1,3 Miliar Euro

JAKARTA, JUMAT – Produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, baru saja mengumumkan laporan keuangan kuartal pertama 2012-nya. Dalam laporan itu perusahaan mencatatkan kerugian lebih besar daripada perkiraan angka 1,34 miliar Euro.

Kendati berhasil memasarkan dua juta handset Lumia dalam tempo tiga bulan, Nokia menyebutkan bahwa penjualan bersih kuartal pertamanya hanya mencapai 7,4 miliar Euro. Angka ini turun 10 miliar Euro dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dengan total penjualan berjumlah 11,9 juta smartphone dan 82,7 juta mobile device, angka-angka di atas mencerminkan penurunan nyaris 30% dibandingkan kuartal yang sama tahun  lalu.

“Kami sedang mengalami transisi perusahaan yang signifikan dalam lingkungan industri yang terus bergerak dan bergeser dengan cepat,” kata CEO Nokia  Stephen Elop. “Tahun lalu kami mengalami kemajuan dari strategi baru kami, tetapi menghadapi tantangan persaingan yang lebih besar daripada yang diperkirakan.”

Nokia juga menyebutkan telah menerima “pembayaran dukungan platform kuartalan” dengan total £250 juta dari Microsoft untuk terus memakai sistem operasi Windows Phone. Perusahaan pun mewanti-wanti bahwa hasil kuartal kedua 2012-nya mungkin juga tidak lebih baik karena ketatnya persaingan melawan Android dan iPhone.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.