Google Kembangkan Kacamata yang Bisa Jadi Smartphone

Sukses sebagai mesin pencari yang menyediakan sebagian besar informasi di dunia, Google kembali mencoba membuat gebrakan. Rencananya, Google hendak membuat super smartphone, bedanya dia tidak perlu dipegang, tapi cukup digantungkan di telinga. Proyek ini dinamakan Project Glass. Super smartphone ini dirancang sebagai sebuah frame headset ringan dengan sebuah display transparan. Sebenarnya sih, lebih menyerupai kacamata, sebab display headset ini akan menutupi sebelah matamu.

Produk ini dirancang agar kita bisa lebih mudah mengakses informasi, berbagi informasi, dan berkomunikasi, persis seperti yang biasa kamu lakukan di smartphone. Bedanya, semua informasi ini tersedia di depan matamu (secara harafiah). Proyek ini merupakan inisiatif dari divisi Google X research. Saat ini, Project Glass ini memang masih sekedar konsep. Mimpi Google ini kemudian dikemas dalam video berjudul “Project Glass: One Day…” yang diposkan di laman new Project Glass di Google+, seperti dilansir Newsfactor.

Kacamata ini rencananya akan dilengkapi dengan sebuah layar mini, kamera, dan mikrofon. Headset ini tentu akan dilengkapi dengan koneksi 3G/4G, GPS, pengenal suara, serta sensor lainnya sebagai pendukung dari kamera, output audio, dan layar mininya. Dalam video yang diputar, tampak seorang pria tengah berjalan sambil mengakses informasi dari kacamata pintarnya. Ia bisa melihat ramalan cuaca, menelepon, menggunakan maps dengan panduan, mencari buku, dan sebagainya, dari layar kecil yang ada di depan matanya itu. Interaksi dilakukan lewat suara atau menyentuh tombol yang ada di frame headset itu. Kacamata ini juga digambarkan pintar menganalisa lokasi dan konteks. Rumor juga meyebutkan kalau Google X tengah membuat penelitian soal lensa kontak yang punya layar didalamnya. Ini bisa jadi merupakan bagian dari Project Glass.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: