Usung Video 1080p, DSLR Nikon D3200 Tawarkan Dongle Wi-Fi

JAKARTA, SELASA – Di Nikon D90, kita melihat kemampuan kamera dalam merekam video 720p. Tapi kini era 720p sudah pudar, digantikan 1080p. DSLR pun jamak dipakai untuk menggantikan tugas camcorder  merekam video – klip musik, acara TV dan bahkan film.

Di ajang itu Canon sudah menjadi penguasa. Namun Nikon tetap berharap bisa menarik hati peminatnya. Maka dihadirkanlah D3200 “HD-SLR”, yang menawarkan sensor DX-crop 24,2MP, moda movie 1080p (dengan “otofokus full time”), dan kisaran ISO native sampai 6400.

Yang khusus di sini adalah WU-la Wireless Mobile Adapter. Ketika dikoneksikan ke kamera,  adapter opsional ini dapat secara nirkabel mengirim imaji-imaji ke perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, memerlihatkan (preview) sebuah imaji sebelum direkam dan mengendalikan kamera dari jarak jauh (remote).

Hal menarik lainnya, Scene Recognition System Nikon bekerja tandem dengan 3D Color Matrix Metering kamera untuk mengenali faktor-faktor seperti warna dan tingkat terang untuk eksposur yang balans, AF/white balance yang akurat, dan foto-foto flash yang lebih baik. Fotografer pemula maupun yang ingin memerdalam teknik memotretnya pasti senang dengan Guide Mode yang menyediakan panduan foto langkah-demi-langkah. Pengguna juga bisa mengeset Mode Dial ke  Portrait, Landscape, Child, Sports, Close-Up or Night Portrait, dan  D3200 akan otomatis menyesuaikan seting kamera untuk hasil optimal di beragam kondisi. Kamera ini mengemaskan LCD 3” untuk memotret Live View. Untuk fokus, tersedia sistem otofokus 11-point.

Keistimewaan lain, pengguna Android bisa secara nirkabel mentransfer imaji dari kamera ke perangkat mobile, mengintip imaji sebelum memotret foto, dan bahkan secara remote mengontrol kamera dari jarak 49 kaki. Aplikasi untuk smartphone platform Android (seri 2.3) dan tablet (seri 3.x) diperkirakan sudah rilis Mei mendatang. Pengguna iOS harus menunggu lebih lama.

Nikon D3200 yang dilengkapi dengan lensa AF-S DX NIKKOR 18-55mm f/3.5-5.6G VR image stabilization akan tersedia akhir April 2012 dalam warna hitam atau merah. Perkiraan harganya US$ 699,95.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.