Thursday, July 25, 2024
Berita Teknologi

Keluarga HTC Desire, Unggulkan Fitur Dual SIM

HTC Desire V

Kalau selama ini produk dual SIM didominasi oleh produk-produk ponsel keluaran Cina, HTC kini mencoba mencuri ceruk di pasar ponsel dual SIM ini dengan keluarga produk HTC Desirenya. Terdapat tiga tipe dalam keluarga Desire ini, HTC Desire C, Desire V, dan Desire VC. Produk-produk ini akan dikeluarkan sepanjang pertengahan tahun ini. Hal ini disampaikan, Samudro Seto, Head of Product Marketing HTC Indonesia di Jakarta Convention Center, Rabu (6/1).

Jika HTC One mengunggulkan kemampuan kameranya, keluarga Desire mencoba segmen baru yang menghadirkan produk dengan layar besar. Selain itu, keluarga Desire juga mencoba peruntungannya di produk dual SIM. Untuk produk dual SIM, HTC menyediakan HTC Desire V untuk dual SIM GSM-GSM dan dual SIM GSM-CDMA. Tawaran produk dual SIM ini diakui Agus Sugiharto, Country Manager HTC Indonesia, mencoba mencuri pangsa pasar yang ingin produk dual SIM dengan kualitas yang mumpuni.

Meski mengusung fitur dual SIM, namun HTC masih membawa keeleganan desain khas HTC. Balutan bodi berbahan metal masih dipertahankan. Kamera 5megapixel disematkan, RAM 512, penyimpan internal 4GB pun terdapat di dalam bodinya. Produk ini pun coba dipertahankan dengan harga yang ramah kantong. Ya, setidaknya keluarga Desire ini memang diperkenalkan di level harga 3jutaan. Setengah dari harga-harga smartphone highend HTC, yang biasa nangkring diharga 5-6 jutaan.

HTC Desire C dan Desire V merupakan ponsel dual SIM GSM-GSM. Bedanya, Desire C berprosesor 600Mhz, sementara Desire V 1Ghz. Selain itu, dual sim GSM ini hanya salah satu kartu saja yang menyediakan layanan data 3G, sementara kartu lainnya hanya melayani data dengan kecepatan 2G alias GPRS, EDGE paling mentok. (Update) Untuk tipe dual GSM dari Desire C, layanan yang diberikan tak bisa dual-on, melainkan hanya salah satu saja yang bisa menyala. Sementara, untuk Desire V, sudah mendukung fitur dual-on.

HTC Desire VC

Desire VC memadukan dual SIM  GSM-CDMA. Meski demikian, SIM GSM yang dibenamkan memang cuma berkecepatan GPRS. Sementara, kartu CDMA-nya dapat menggunakan jaringan EVDO Rev-A. “Kita memang sengaja mendorong pengguna untuk menggunakan jaringan data CDMA dengan tipe ini,” terang Agus. HTC rencananya akan menggandengan Smartfren sebagai penyedia jaringan CDMA. Desire VC dilengkapi dengan bodi metalik, prosesor 1GHz, kamera 5megapixel, penyimpan internal 4GB, RAM 512. (Update) Desire VC sudah dilengkapi fitur dual-on, sehingga kartu CDMA dan GSM-mu bisa aktif bersamaan.

Semua keluarga Desire sudah dilengkapi dengan Beats Audio serta layanan penyimpan awan Dropbox 25GB gratis selama dua tahun. Penyimpan awan ini bisa digunakan sebagai backup dari data-data yang kamu simpan di smartphone kamu loh. Dropbox secara resmi hanya menyediakan penyimpan 2GB gratis bagi penggunanya. Jika ingin memperbesar kapasitas, tentu harus membayar lagi. Diperkirakan, ketiga produk ini akan rilis pada pertengahan tahun ini. Untuk harga, Agus hanya memberikan kisaran untuk ketiga produknya. HTC Desire C akan dilego kisaran 2,5juta; Desire V akan dilepas di kisaran 3,5juta; dan Desire VC dilego 3juta. “Harga ini kita fight banget loh,” tambah Agus. “Sebab, ongkos untuk membuat ponsel dual SIM dengan spesifikasi sama persis dengan ponsel yang single SIM itu costnya jauh lebih tinggi dual sim,” tandas Agus lagi.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu