Mau Upgrade ke Windows 8? Perhatikan Syaratnya!

JAKARTA, JUMAT –  Para pengguna Windows, khususnya Windows 7, tentu saja berharap akan mulus saat melakukan upgrade ke Windows 8 ketika OS itu tersedia (dijanjikan Oktober). Tapi mereka yang memakai Vista atau XP mungkin menguatirkan proses upgrade yang berbelit.

Nah agar tidak was-was terus-menerus,  berikut adalah detail tentang kemungkinan jalur upgrade Windows 8.

Pengguna Windows XP (SP3) bisa melakukan upgrade ke Windows 8, tapi yang tersisa hanyalah file-file pribadi kamu. Artinya, aplikasi atau seting sistem yang kamu miliki di Windows XP tidak akan terbawa ke Windows 8.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengguna Vista yang tanpa Service Pack. Beruntunglah jika Vista kamu adalah SP1, karena seting sistem akan ikut diangkut ke Windows 8.

Pemakai Windows 7 lebih beruntung. Semua data pribadi, seting sistem, dan bahkan aplikasi-aplikasi yang sudah ada akan disertakan dalam Windows 8 saat  kamu melakukan upgrade. Namun ini juga tergantung pada versi Windows 7 yang kamu miliki dan versi Windows 8 yang kamu inginkan.

Jika menginginkan Windows 8 versi basic, kamu bisa meng-upgrade dari Windows 7 Starter, Home Basic, atau Home Premium. Untuk Windows 8 Pro, kamu bisa melakukan upgrade dari Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, maupun versi Pro dan Ultimate. Kalau mau upgrade ke Windows 8 Enterprise, kamu hanya bisa melakukannya dari Windows 7 Pro atau Ultimate.

O ya, file dan seting yang kamu miliki juga tidak akan hadir di Windows 8 kalau kamu meng-upgrade dari versi 32-bit ke versi 64-bit.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.