Selamat Tinggal Koprol :(

JAKARTA, JUMAT – Kabar kurang mengenakkan datang dari Yahoo! Indonesia. Perusahaan yang baru saja merumahkan 2 ribu karyawannya itu akan segera menghentikan layanan Yahoo Koprol pada 28 Agustus 2012 mendatang.

Langkah ini diambil Yahoo karena Koprol dianggap tidak memberikan sumbang pendapatan serta tidak mampu menciptakan hubungan erat antara Yahoo dengan pengunjungnya. “Sejalan dengan fokus Yahoo! untuk berinovasi dengan cepat dengan produk dan properti inti kami, dalam kuartal yang akan datang, kami akan menghentikan atau melakukan transisi beberapa produk yang tidak memberikan revenue atau engagement yang berarti. Setelah melakukan kajian portfolio produk secara seksama, Yahoo! memutuskan untuk menghentikan Koprol efektif pada tanggal 28 Agustus 2012.”, jelas Yahoo Koprol dalam blog resminya di http://www.koprolblog.com/2012/06/bye/. Selain itu, penghentian layanan ini juga sejalan dengan langkah bisnis Yahoo yang akan berfokus pada bisni portalnya di Indonesia.

Terkait dengan rencana penghentian ini, Yahoo mengajak para pengguna Koprol yang masih aktif untuk melakukan ekspor atau menarik data profil mereka yang terdiri dari postingan, check in dan gambar, melalui alamat  m.koprol.com/export. Pengguna dengan profil  bisnis pun bisa melakukan hal yang sama hingga tenggat waktu penghentian layanan. Satu syarat dari Yahoo, pengguna Koprol cuma bisa melakukan satu kali ekspor data yang pernah diuploadnya di Koprol.

Tanda-tanda penutupan layanan Koprol memang sudah terendus semenjak Yahoo! Indonesia menghentikan pengembangan Koprol dan merumahkan sekitar 20 personil pengembangnya pada April lalu. Saat ini layanan yang diakuisisi Yahoo pada Mei 2010 itu punya sekitar 20 lebih komunitas aktif dengan jumlah akun teregistrasi mencapai 1,5 juta.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.