Thursday, February 22, 2024
Berita Teknologi

Mobile Games Developer War 4, Lomba Sambil Belajar Bikin Game

Jakarta, 6 Juni 2012 – Kamu suka main game? Atau minat untuk belajar bikin game tapi nggak tahu cara buatnya? Tenang saja, kamu bisa ikutan kompetisi bikin game, sekaligus belajar bikin game. Caranya, kamu cukup daftar ke acara Mobile Games Developer War 4 di  situs mobilegamesdeveloperwar.com. Ini memang acara kompetisi, tapi sebelumnya kamu bakal diajarin bikin games kok dengan teman-teman di MGD4 ini. Pendaftarannya gratis, dan dibuka mulai 1-30 Juni 2012.

Mobile Games Developer War 4 Rookie (MGDW 4 Rookie) adalah kompetisi membuat game bagi para developer yang baru terjun ke dunia mobile games dan berumur kurang dari 1 tahun.  Acara ini diadakan oleh Nokia Developer, bekerjasama dengan  Agate Studio dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. MGDW4 kali ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara tahunan Fasilkom UI, yaitu Computer Festival 2012 (Compfest 2012).

MGD4 kali ini bertajuk Welcoming the Next Generation, Mobile Games Developer War 4 Rookie. Dengan slogan ini banyak developer games Indonesia baru yang kreatif dan inovatif lahir serta punya kualitas game kelas dunia. Kompetisi ini memang khusus pemula, jadi kamu tak usah khawatir bakal saingan dengan senior-senior yang sudah lebih jago bikin game, seperti dipaparkan  Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia. Buat yang belum pernah bikin game, MGDW 4 punya online camp gratis. Tutorial ini dilakukan lewat Skype. Pendaftaran dibuka mulai 1-24 Juni 2012 di http://bit.ly/onlinecampmgdw4.

Serunya lagi, MGDW 4 ini berbeda dengan MGDW sebelumnya. Sebab, acara lombanya dirancang seperti main game. Untuk mengikuti lomba, kamu bisa berkelompok dengan maksimal empat teman, boleh juga sendiri. Setelah mendaftar, masing-masing anggota mesti mengisi peran sesuai peran ketika membuat game, ada Game Design, Art Design, atau  Technical Design. Game design akan merancang game seperti apa yang akan dibuat, aturannya seperti apa. Art design mengurus tampilan game. Technical design merancang programming dari game ini. “Setiap party dapat melihat point yang didapatkannya di mobilegamesdeveloperwar.com sehingga memacu setiap party untuk menjadi yang terbaik tentunya dengan cara yang menyenangkan,” jelas Aditia Dwiperdana, Agate Academy Guild Master.

Lomba akan dibagi dalam beberapa fase. Untuk melewati tiap fase, kamu harus mensubmit hasil kerjamu. Hasil ini kemudian akan dikomentari oleh teman-teman panitia di MGDW4, baik berupa kritik dan saran. Tiap tim yang sudah menyelesaikan tiap fase akan mendapatkan badge. Begitu gamemu menjadi prototype, kamu mesti memasukkannya ke Nokia Store. Perbaikan terus dilakukan mulai dari Alpha version, Beta version, hingga Realease version. Setelahnya, tinggal tunggu siapa pemenangnya deh.

Hadiah kontes ini bagi Rookie Game of the Year 2012 senilai 30 juta rupiah. Selain itu ada penghargaan spesial  untuk Best Graphic, Best Gameplay, Best Cultural Content, Best Education Game, Best Team dan Most Favorite Winner yang masing-masing akan mendapatkan 5 juta rupiah.

Buat pembuat game pro, tenang saja, bakal ada kompetisi Mobile Games Developer War 4 Pro Edition. Mari kita tunjukkan kepada dunia, bahwa developer Indonesia juga bisa!

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu