Seagate Tetap Untung, Meski Meleset dari Target

Jakarta – Banjir Thailand yang jadi basis pabrik hard drive, termasuk milik Seagate, rupanya sangat berpengaruh terhadap pencapaian akhir tahun Seagate. Dalam laporan akhir tahunnya, Steve Luczo, ketua dan chief executive officer Seagate menyatakan kekecewaannya akibat tak mencapai target. “Ini merupakan) dampak dari terlalu cepatnya kebangkitan kembali industri setelah sebelumnya menemui gangguan rantai suplai dan permasalahan yang menyangkut kualitas penyuplai di daerah terpencil yang kami alami,” ujarnya.

Sepanjang kuartal keempat, dalam basis GAAP, Seagate Technology plc mencatat pemasukan sebesar kurang lebih $4,5 milyar dari target sebesar US$5miliar. Margin kotor sebesar 33,1%, penghasilan bersih sebesar $1,0 milyar dan laba cair per saham $2,37. Dalam basis non-GAAP, yang tidak mencakup dampak bersih dari beberapa barang tertentu. Seagate mengumumkan margin kotor sebesar 33,6% dan laba cair per saham sebesar $2,41. Ini merupakan hasil finansial untuk kuartal dan tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012.

Sebagai referensi Selama kuartal Juni, Seagate menghasilkan sekitar $1,4 milyar tunai dari operasional, dividen tunai berbayar sebesar $106 juta dan menggunakan sekitar $1,2 milyar untuk menebus hampir 45 juta saham biasa. Melewati paruh pertama dari tahun kalender 2012, Seagate telah menebus kira-kira 88 juta saham biasa, yang mewakili 19% dari semua kapitalisasi pasar perusahaan. Kas, barang-barang setara kas, kas terbatas, serta investasi jangka pendek semuanya mencapai total $2,2 milyar di akhir kuartal keempat, yang merupakan kenaikan runut sebanyak $67 juta.

Untuk tahun fiskal yang berakhir 29 Juni 2012, dalam basis GAAP, Seagate mengumumkan penghasilan sebesar $14,9 juta, margin kotor sebanyak 31,4%, pemasukan bersih sebesar $21,9 milyar dan laba cair per saham sebesar $6.49. Untuk dana di luar GAAP, perusahaan ini mencatat margin kotor sebesar 31,7% dan laba cair per saham sebanyak  $6.75. Dalam tahun fiskal 2012, Seagate mengembalikan lebih dari 85% dari arus kas untuk para pemegang saham dalam bentuk dividen dan penebusan saham.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.