Tri Fokus Kembangkan Backbone Ketimbang BTS

Tri akan semakin meningkatkan layanan penyediaan data miliknya. Untuk itu, Tri akan fokus membangun jaringan backbone-nya ketimbang memperbanyak BTS. Hal ini diungkap Bhuwan Kulshreshtha, Chief Communication Officer Tri, dalam konferensi pers yang digelar Senin (6/8).

“Pengguna data berbeda dengan pengguna voice di masa lalu,” tutur Bhuwan ketika menjelaskan pengembangan yang kurang fokus pada perbanyakan BTS ini. “Dulu BTS banyak diperlukan karena orang butuh koneksi suara yang tetap jelas terdengar agar komunikasi dapat dilakukan dengan nyaman dan biasanya dilakukan sambil bergerak. Sehingga, banyak BTS diperlukan untuk menjaga konsistensi suara yang diterima. Sementara pengguna data, biasanya menggunakan koneksi data sambil berdiam di meja. Hal yang utama diperlukan orang adalah soal kecepatan data,” paparnya.

Nah, untuk menjaga kecepatan data ini, menurut Bhuwan ketersediaan kapasitas jaringan yang besar menjadi mutlak. Hal ini diperlukan agar tiap BTS yang ada bisa mengangkut beban trafik pengguna yang lebih banyak. “Untuk itu, kami fokus mengembangkan backbone,” tandasnya. Dari segi infrastruktur, bhuwan menilai ketersediaannya semakin baik. Apalagi dengan didukung oleh tertanamnya fiber optik di berbagai daerah saat ini. Sumber daya inilah yang menurut Bhuwan harus bisa dioptimalkan operator agar dapat menyediakan layanan data yang lebih memuaskan pengguna.

Sebagai langkah awal, Tri kembali datang dengan paket mobile terbarunya, AlwaysOn. Bhuwan, menyebutkan bahwa paket Alwayson ini memisahkan antara kuota dan masa aktifnya. Berbeda dengan operator lain yang menyatukan kuota yang digunakan dengan masa aktif kuota tersebut.Sehingga, ketika masa aktif habis sementara kuota masih ada, kuota otomatis hangus.

Untuk masa aktif AlwaysOn, Tri memberikan pilihan masa aktif setahun, enam bulan, atau sebulan, cuma itu. Selama masa aktif ini, kamu bebas browsing di 10 situs yang disediakan Tri dan chatting lewat eBuddy. Agar bisa bebas menggunakan internet, kamu perlu memasukkan pakeTri atau paket kuota Tri lainnya. Tapi, kalaupun kamu malas mengisi kuota, AlwaysOn pun menyediakan bonus 50MB tiap bulannya.

Dengan paket baru ini, Tri mencoba mengangkat isu kebebasan berinternet yang tidak mengekang pengguna dengan keterbatasan masa berlaku. Sehingga kuota internet yang ada di Tri bisa dipakai sampai habis, tidak hangus.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.