SanDisk Mulai Uji Cobakan Kartu CFast 2.0

JAKARTA, SELASA — Dibandingkan kartu memori lain, perkembangan kartu Compact Flash (CF) terasa kurang cepat. Spesifikasi terbaru di ajang ini adalah CFast2.0. Spesifikasi ini baru saja diumumkan oleh CompactFlash Association (CFA).Salah satu produsen yang siap mengembangkan CFast2.0 adalah SanDisk.

Apa yang baru di CFast2.0? Ia menjanjikan kinerja sampai 4x lebih cepat, atau sampai 600Mb/s, dibandingkan kartu CF yang sekarang dipakai di kamera DSLR dan kamera video. Bandwidth yang lebih lega ini mendukung aplikasi video dari kamera video high-end, juga kamera digital resolusi tinggi (di masa depan kamera digitak bisa saja beresolusi lebih dari 40 megapiksel).

“Kartu-kartu memori CFast2.0 akan membantu mendorong masa depan fotografi profesional dan aplikasi perekaman video,” kata Shuki Nir (Senior Vice President dan General Manager, Retail, SanDisk) dalam rilis persnya. “Dengan performa tak tertandingi dari spesifikasi CFast2.0, memori flash kini bisa memasuki pasar-pasar baru seperti TV high definition dan bahkan pembuatan film.”

Saat ini SanDisk sedang mencobakan kartu CFast2.0-nya di produsen kamera. Salah satu produsen kamera format medium terdepan, PhaseOne, juga sudah mengumumkan niatnya untuk mengintegrasikan kartu CFast2.0 ke jajaran kamera barunya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.