Wow, Kapasitas 200GB dalam Kartu MicroSD

sandisk microsd 200gbJAKARTA, PCplus – Kartu microSD makin penting bagi pemilik gadget. Ia berfungsi sebagai storage eksternal. Makin besar kapasitasnya, makin menyenangkan. Apalagi jika ia juga gegas bekerja.

Untuk urusan ini, SanDisk sangat piawai. Kartu microSDXC terbarunya bahkan mengemaskan kapasitas terbesar di dunia, yakni 200GB! Artinya, terjadi peningkatan 56% dibandingkan kapasitas kartu microSD terbesar saat ini yang 128GB.

Kok 200GB ya, bukan kelipatan 16GB seperti biasanya? Kan seharusnya chip memori berukuran dalam kelipatan 2? Jadi seharusnya microSD ini berkapasitas 256GB, bukan 200GB dong?

SanDisk telah menggunakan desain dan proses produksi proprietary untuk menjejalkan lebih banyak bit memori per chip. “200GB adalah yang maksimal bisa dijejalkan SanDisk dalam kartu sekecil itu,” jelas Hon Wai Cheah (Director, Product Marketing Managerment, APAC, SanDisk) dalam media briefing di Jakarta (16/4/2015).

Yang jelas, 200GB dalam kartu seukuran ujung kuku itu memang merupakan prestasi luar biasa. “Satu-satunya di dunia,” tambah Idris Effendy (Country Manager, Indonesia, SanDisk Corporation) bangga.

Kartu microSDXC UHS-I 200GB  ini mendukung laju transfer sampai 90MB per detik, atau sekitar 1200 foto per menit. “Dipasarkan nanti kuartal kedua, Juni,” kata Idris. “Harga belum tersedia,” tambahnya. Kartu ini, kata Hon Wai Cheah bisa digunakan di sebarang perangkat yang tunduk pada standar SDHC.

Hmm, kendati harga belum tersedia di tanah air, kabarnya di manca negara SanDisk akan membandrol kartu microSDXC 200GB-nya di kisaran US$ 400.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: