EMC Siapkan Flash Storage Array untuk Datacenter

JAKARTA, SENIN – Array storage datacenter yang sepenuhnya flash (all-flash) sudah didengung-dengungkan EMC sejak 1,5 tahun lalu. Perusahaan ini pun sudah mengakuisisi pembuat flash array XtremIO pada musim semi lalu dan mengembangkan produk flash seperti VCache enterprise flash storage. Nah, tahun depan Project X, begitu code name untuk temuan all-flash tersebut, akan diluncurkan ke pasar.

Teknologi flash sebenarnya bukan hal baru di enterprise. Namun menurut EMC, Project X adalah tentang storage, server, dan solusi software komplit dari perusahaan yang dibuat dari nol berdasarkan flash, dan bukan hasil integrasi teknologi flash ke struktur yang sudah ada, seperti pada array hybrid yang tergantung pada flash untuk mendongkrak kinerja keseluruhan.

Project X akan dibangun dengan komponen-komponen standar, termasuk prosesor  x86 dan  SSD, dan akan memiliki antarmuka Ethernet dan  Fibre Channel. Tentu saja ia akan dilengkapi dengan software proprietary EMC.

“Ini adalah software berbasis-x86 yang sepenuhnya memanfaatkan multicore, memahami karakteristik flash, dan dirancang untuk modular dan skalabel. Ini benar-benar adidaya, “ kata Zahid Hussain, senior vice president and general manager of EMC’s flash products division seperti dikutip Computerworld.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.