8GadgetPack: Kembalikan Gadgets di Windows 8

gadgetTak ada lagi Gadgets pada Windows 8. Padahal Gadgets menyediakan banyak fungsi, seperti mengamati cuaca, mengintip e-mail, dan penggunaan CPU dan memori pada komputermu.

Nah, jika kamu adalah penggemar Windows gadgets, ketiadaannya mungkin membuatmu galau. Solusinya mudah saja, yakni 8GadgetPack. Tool untuk Windows 8 ini akan meng-instal aplikasi gadget dari Windows 7 ke mesin Windows 8. Kamu bisa menambahkan gadgets dan menggunakan koleksi gadgets yang tersimpan di PC. 8GadgetPack bisa di-instal pada Windows 8 versi 32-bit dan 64-bit. Unduh aplikasi ini di alamat: http://8gadgetpack.bplaced.net/.

Intip yuk, bagaimana menggunakan gadgets pada Windows 8:

  1. Ketika kamu meng-instal aplikasi, Windows SmartScreen pada Windows 8 akan memberikan peringatan atas instalasi yang kamu jalankan. Hal ini terjadi karena aplikasi berasal dari pihak ketiga yang tidak dikenal oleh Microsoft. Klik More info untuk melanjutkan proses.
  2. Klik tombol Run anyway untuk menjalankan proses instalasi. Kotak dialog UAC kemungkinan juga akan muncul ketika instalasi berjalan. Klik Allow agar program berjalan secara normal.
  3. Setelah 8GadgetPack di-instal, kamu akan menemukan bar baru pada sisi kanan Desktop, disertai gambar dan gadget Weather yang menampilkan cuaca hari ini.
  4. Klik kanan pada area di bar gadget untuk menemukan beberapa opsi, di antaranya Add gadget, Show all gadget, Always on Top, Options, Close 7 Sidebar, dan Hide all gadgets.
  5. Klik pada Options untuk menemukan tab Orientation dan View pada jendela 7Sidebar – Options. Kamu bisa menentukan lokasi bar dengan mengklik radio button Side, mengubah lebar bar, mengaktifkan/menonaktifkan aero glass, dan sebagainya.
  6. Jika mengklik kanan menu konteks pada Windows 7 memunculkan opsi Gadgets, pada Windows 8 opsi Gadgets dihilangkan. Setelah kamu meng-instal 8GadgetPack, opsi Gadgets kembali ditambahkan ke menu konteks. Kamu juga akan bisa menemukan opsi Show Desktop gadgets, dengan mengklik kanan menu konteks, lalu pada View > Show desktop gadgets.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.