Akses Control Panel Klasik dari Start Screen

start screenSalah satu perubahan terbesar pada Windows 8 adalah Start Screen. Microsoft pun mengganti rute penelusuran dengan membuat theme bergaya Metro pada Start Screen. Jika menggunakan Windows 8 Consumer Preview, kamu tidak akan menemukan shortcut Control Panel. Windows 8 memang tidak menawarkan cara cepat membuka Control Panel klasik. Meskipun begitu, kamu bisa mengaksesnya dari Charm Bar.

Ini dia cara membuat shortcut Control Panel, dan mem-pin-nya pada Start Screen:

  1. Buatlah shortcut pada desktop. Caranya mudah, klik kanan pada Desktop, lalu pada menu konteks, pilih New > Shortcut. Jendela Create Shortcut yang muncul meminta kamu memasukkan lokasi target shortcut. Masukkan shortcut path ke Control Panel dengan mengetikkan path di bawah ini pada Type the location of the item

%windir%\explorer.exe shell:::{26EE0668-A00A-44D7-9371-BEB064C98683}

  1. Klik tombol Next untuk ke tahapan berikutnya.
  2. Namai shortcut, dengan mengetikkan Control Panel pada bagian Type a name for this shortcut, lalu klik Finish.
  3. Kamu akan menemukan shortcut ke Control Panel pada dekstopmu. Untuk mengganti ikon folder shortcut dengan ikon Control Panel, klik kanan pada shortcut, lalu pilih Properties dari menu konteks yang muncul. Kamu akan menemukan jendela pop-up Control Panel Properties.
  4. Klik pada tab Shortcut, lalu klik tombol Change Icon.
  5. Isikan %SystemRoot%\system32\SHELL32.dll pada Look for icons in this file, lalu klik ikon Control Panel, dan klik tombol OK.
  6. Klik kanan pada shortcut yang baru saja kamu buat, lalu pilih Pin to Start dari menu konteks. Nah, shortcut Control Panel akan di-pin ke Start Screen pada Windows 8.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: