Usung Dual Processor dan Wi-Fi Direct, Samsung Hadirkan Laser Warna

samsung laser mfp
ki-ka: Andry Jachja (Product Marketing) dan Sung Khiun (IT Business Director) memperlihatkan printer laser multifungsi terbaru Samsung CLX-4195FW MFP yang mampu mencetak nirkabel via Wi-Fi tanpa bantuan access poin/router dari perangkat mobile.

JAKARTA, SELASA –  Bukan hanya smartphone dan komputer yang bisa dibekali dual processor. Printer pun bisa. Tujuannya tak lain demi mempercepat proses cetak.  Itulah yang dilakukan Samsung pada satu printer laser berwarna terbarunya (CLP-415NW) dan dua printer laser multifungsi (CLX-3305FW MFP & CLX-4195FW MFP) yang diperkenalkan hari ini di Jakarta (26/3/2013).

“Fungsi CPU adalah untuk me-render image, prosesor akan mengubah data raw saat data masuk ke printer. Tapi masalahnya, Cuma satu print job yang bisa di-render ketika data masuk. Kalau ada dua prosesor, bisa render dua halaman sekaligus sehingga selesai (cetak) lebih cepat dibandingkan satu CPU,” terang Andry Jachja (IT Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia).

Maka printer single function CLP-415NW dan printer multifungsi CLX-4195FW MFP yang masing-masing dipersenjatai dual-CPU 533MHz dan memori 256MB itu disebutkan mampu mencetak 18ppm (halaman per menit) dokumen BW maupun warna ukuran A4 secara nirkabel. Halaman pertama akan mulai dicetak (FPOT) setelah 16 detik.

Sementara itu multifungsi CLX-3305FW MFP yang juga dibekali dual processor 533MHz tetapi dengan memori lebih kecil (128MB) akan mencetak dokumen warna, semisal foto, ukuran A4 pada kecepatan 4ppm. Namun kalau halamanya BW, kecepatan cetaknya lebih tinggi, yakni 18ppm. Halaman pertama akan mulai dicetak (FPOT) setelah 14 detik (BW) atau 26 detik (warna).

Apa lagi yang dijagokan Samsung pada printer lasernya? Kemampuan cetak nirkabel via Wi-Fi Direct.

“Dengan teknologi Samsung Mobile Print, cuma perlu tiga langkah, tanpa router/access point,” kata Andry. “Tidak perlu tahu password Wi-Fi pinter. Buka Wi-Fi di Setting (dari gadget Samsung seperti Galaxy Camera), pilih Wi-Fi Direct, maka gadget akan mencari printer yang ada di sekitarnya. Dari daftar yang ada, pilih printernya. Tidak perlu password. Tekan accept atau reject di printer dan koneksi akan terbentuk. Teknologi ini tersedia di semua perangkat mobile Samsung (Galaxy S/Note/Camera),” tambahnya.

Selanjutnya, kamu tinggal memilih foto yang akan dicetak dari Gallery, pilih menu, lalu tekan Print. Maka foto akan langsung dicetak tanpa kamu perlu meng-instal app apa pun. Namun sebelum printer bisa mencetak, kamu atau temanmu harus menekan tombol WPS di printer.

O ya, yang bisa dicetak bukan hanya foto. Dokumen berformat MS Office, TXT, PDF, termasuk dari sosial media seperti Twitter dan Facebook juga bisa langsung dicetak secara nirkabel. Mau cetak dari Google Cloud Print pun bisa, kata Andry. Cuma kamu perlu meng-instal Samsung Mobile Print app yang tersedia gratis di Google PlayStore. “Di store lain juga tersedia, kecuali BlackBerry Store,” kata Andry.

Melalui app itu, kamu tidak hanya bisa mencetak via Wi-Fi Direct, tapi juga men-scan maupun menge-fax langsung dari printer multifungsi ke perangkat mobile. Untuk scan, tidak perlu bantuan komputer. Tinggal letakkan dokumen yang akan di-fax di printer multifungsi, tekan Sent Scan, makan printer akan langsung men-scan dan hasilnya masuk ke device,” kata Andry.

Jika mau menge-fax dokumen yang tersimpan di perangkat mobile, kamu tidak perlu mencetaknya terlebih dulu. “Hemat kertas dan waktu. Bisa kirim lebih dari satu sekaligus,” kata Andry.

Semua printer laser warna Samsung ini (single function maupun multifungsi) menggunakan tinta polimer. Jadi hasil cetaknya tidak akan ternoda/luntur kendati tertetes air.

samsung clp-365w
samsung clp-365w

Selain printer dual-CPU, Samsung juga memperkenalkan printer single-function satu CPU, yakni CLP-365W. Printer dengan kapasitas kertas 150 lembar ini menggunakan prosesor 300MHz dengan memori 32MB. Ia menawarkan kecepatan cetak A4 18ppm untuk BW dan 4ppm untuk warna.

Tertarik memiliki salah satu printer laser warna Samsung? Kamu harus bersabar menanti kehadirannya pada akhir April mendatang. Dan karena produknya belum tersedia di pasar, harga  pasti dari keempat produk ini belum bisa dirilis. “Kisarannya Rp 2 juta sampai di atas Rp 6 juta, tergantung range,” sebut Sung Khiun (IT Business Director, Samsung Electronics Indonesia).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.